Ngepoin Kurikulum

“Nggak usah diyakinkan, udah beri contoh yang baik aja”.

Begitulah ucapakan Pak Dosen yang saya anggap, ini orang emang bener-bener ngajar “beneran”. Jangan nanya yang lain gimana ya…hhh
Kampus kami punya metode mengenai kurikulum yang keren “Transformative Learning”. Mengenai makna sepenuhnya saya belum seutuhnya mengerti, hanya saja kekaguman cita – cita, visi, dan learning outcome yang akan dilahirkan bener – bener memukau, bahkan untuk mahasiswa yang udah kepalang telat lulus (baca: banget).

“Kita udah dzolim kepada mahasiswa – mahasiswa kita” mau apa sebenernya mereka kedepannya. Bukankah kita mengajari mereka untuk mempersiapkan tubuh – tubuh mudah itu hingga 20 tahun ke depan?!.

Ya, kadang jantung sampek berdegub (beneran) ngalahin merindingnya bulu kudu. Karna, emang saya juga ngakui kurikulim, rps, deskripsi tugas yang dibuat itu emang bagus. Tapi apakaIMAG8598_thumb.jpgh pernah kita nanya ke mahasiswa “Gengs, kalian nanti mau jadi apa sih?” …

Walopun saya cuman sempet mampir nungguin temen-temen dan adik kelas termasuk asistensi praktikum nggak lebih dari 3 semester, kadang kok ya “sebego” itu cara ngajarnya. ‘Apa yang elo mau dan ajari di sini, gue yang lebih tau.’, berasa kok kaya udah paling dewa…

Jadi inget dulu, gimana dosen saya di akhir sebelum ujian. “Saya minta maaf jika hingga hari ini kalian nggak paham dengan materi saya brati saya yang salah”. Dan mata kuliah 3 sks itu menjadi satu nilai yang paling saya banggakan. NB: Beliau melanjutkan studi ke Jepang

Intinya sih, pada sebagian panjang pertemuan kemarin mengenai kurikulum pembelajaran yang saya tangkep. Ide pembelajaran yang mengutamakan kebutuhan mahasiswa, daripada kebakuan akan apa yang disampaikan pendahulu-pendahulu TCL yang nggk mau berubah harus dimulai dilunakkan. Mengutamakan untuk memberi peran, panggung selebar ruang kelas dan selapang arboretum (plus danaunya), daripada khotbah nggk jelas 50 menit.

 

P.S: Tulisan ini bukan ditulis oleh dosen atau tenaga kependidikan, hanya mahasisa yang tercecar kawananya…hehe

Leave a Reply

