TPB

TPB untuk Fakultas Pertanian?

Bahasan fakultas pertanian dengan nama Agroteknologi sepertinya harus dibekalin mata kuliah unggulan dasar di tahun pertamannya. Mengingat di tahun ke-3 atau semester enam ada penjurusan minat untuk pokok penelitian, tentu bahan – bahan pengetahuan dasar harus menggali sendiri jadinya. Seperti di departemen proteksi tanaman ada minat biopestisida, yang di dalamnya berakitan 90% mengenai senyawa kimia dan modifikasinya. Di departemen ilmu tanah dan sumber daya alam pertanian juga ada analisis kimia tanah, dari derajat keasaman, mengukur kandungan unusur/senyawa di dalam tanah, hingga membuat media biakan untuk mikroba tanah yang di dalamnya ada fisika dan biologi tanah.

Menarik memang untuk dipelajari lebih lanjut mengenai dasar matakuliah bagi si tahun pertama. Di tahun – tahun pertama mempelajari anatomi, fisiologi tumbuhan dan mikrofauna benar – benar mendominasi. Seperti mengulang masa SD-SMA hanya dibungkus dalam sub – sub yang lebih luas.

Dari kedua kasus tersebut, seperti ada yang hilang. Bekal dasar untuk memaksimalkan membaca text book atau jurnal untuk penelitian jadi harus rada ngulang dan belajar keras lagi. Dan sepertinya konsep TPB (tahap perkuliahan bersama) untuk pokok mata kuliah Matematika, Kimia-Fisika, dan Biologi harus di ajarkan di fakultas pertanian.

Tahu kenapa Matematika perlu? Karna semua data hasil penelitian harus dianalisis dan diterjemahkan ke dalam bahasa kesimpulan deskriptif, yang di dominasi dari data statistika. Dan itu perlu ilmu logis – analisis dari Matematika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s