Komoditas–eksklusif

                                                      “Kenapa harga kebutuhan pokok jadi lebih mahal ya jaman sekarang?”

          Dulu pas masih jaman SMP (aliyah) waktu mengenal negara – negara dunia beserta status ekonominnya sering mempelajari mengenai batas atas kemiskinan dan pengkatagorian negara maju dan berkembang. Ya, pas jaman kuliah sih emang rada mengerti bahwa indikator status ekonomi suatu negara atau masyarakat nggak cuman di hitung dari uang (GDP) saja, ada happiness index, kesejahteraan, konsumsi perkapita, kesehatan, angka kematian dan kelahiran, nilai putus sekolah, dll…etc. (saking banyaknya…hh).

       IMAG8793Nah, sebenarnya pernyataan mengenai ini udah dari dulu dengernya cuman kalo diitung – itung jika itu terjadi di daerah yang UMR-nya hampir dua kali lipat dari yang seharusnya?!. it’s amazed. “Gaji sebulan ini yang sekian *** cep, baru diberikan 1 jt” dan pernyataan ini mengendap, nggak tau gimana sekarang.

     IMAG8791Buruh tani atau peasant itu emang kerjaan yang nggak aman, naik turunnya nilai uang yang masuk ditentukan oleh pihak mandor atau pemilik lahan (farmer), mungkin kalo dibuku – buku pergerakan era revolusi hingga akhir orde baru sering digunakan sebaga tokoh antagonis sepertinya kisahnya emang nggak sesederhana itu.

     Kalo yang beli hasil panen pak tani dikit ya otomatis ngegunain lahan jadi tempat yang lebih produktif. Kalo di pasaran produk-produknya pada dari luar negeri, ya otomatis kalah dalam stok, packaging, dan teknologi rekayasannya.

       Kalo nggak mau terpengaruh oleh kondisi global, emang paling enak buat kemitraan penelitian secara global. Petani, buruh tani, dan mahasiswannya guyub rukun.

#Opini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s