Mengembangkan Kapasitas “pengajar”

         Nggak tahu kenapa beli buku ini sebenarnya. Mungkin karena covernya menarik. Hmmm…mungkin!!!. Tapi emang semester ini secara waktu emang full di riset untuk ngebersin skripsi sih, jadi deh sambil ngisi waktu membaca buku yang cukup menarik mengenai Sekolah Sukma Bangas (SSB) di Aceh sana.

       pengembngn kapsts guruOke, buku Pengembangan Kapasitas Guru tulisan Pak Khoirudin Bashori dan temen-temen sebenarnya emang karena pengen merefleksikan diri setelah setahun (dua semester) sempet diikut sertakan dalam dunia kepengajaran, yaitu asisten lapangan dan laboratorium untuk praktikum. Dan, rasannya bego’ banget, terlalu banyak kelemahan, nggak ngegigit, bahkan mungkin hal dasar wajibnya murid/mahasiswa aja nggak nyampek untuk diajarkan. Masuk mimpi? jelas-jelas, buruk.

      Walopun secara besar temen-temen juga banyak yang bekerja di non-sektor pertanian (major fakultas kami), menambah angan “Apa yang salah ya ama pengajaran di kelas ini?!”. Hingga detik ini bahkan sehabis baca buku ini pun masih merasa kurang yakin untuk jawabannya. Pengajar senior yang lebih banyak (100% bahkan) ngomongnya dan yang muda lebih mewarisinnya dengan mengandalkan hafalan yang kuat, cuman nggak ada nilaiainnya karena bakal mudah menguap. Lagi – lagi ide cemerlang dan daya kritis mahasiswa memudar dan menancap dalam lembaran kertas.

        Walopun RPPS itu ada, cuman jadi jimat tak berguna jika nggak ada pendekatan emosi. I don’t know !!

Hanya berfikir, apakah “para pengajar” itu, ada mentoring untuk analisis feed back terhadap gaya pengajaran terhadap mahasiswannya ya??!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s