Summary “Running 5Km dan 21Km”

             Lari, jaman kuliah dari 2012 emang gegara persiapan kompetisi voli tingkat Univ jadi mulai rajin, itupun masih belum rutin dengan tujuan supaya rada kendor aja otot – otot pas nantinya main di Gor. Dasarnya emang deadliners jadi weh hanya diminggu – minggu menjelang round penyisihan baru lari keliling kampus. Nah, karena udah mulai sadar mengenai beberapa manfaat larim jadi pengen berbagi beberapa rangkuman perjalanan mengenai keikutsertaan dalam menempuh lomba lari, walopun hanya sekedar finish tapi sepertinya asyik juga untuk diikutin.

Persiapan

       Lari lomba pertama kali (resmi) yang saya ikutin bernama “Half-marathon Trail running” Manglayang  trail run 2015 yaitu bertepatan juga pertama kali dilaksanakan di kampus Unpad Jatinangor. Baru tau dan sempet rada mengumpat karena jauh dan attitude yang minta ampun nanjaknya. 21 Km sob, jalan aja udah capek.

       Nah, persiapannya apa aja untuk tahan (minimal) sampek menempuh start kembali. Kuncinnya mah jangan banyak mikir kalo pas lari, selama udah lari dan latihan setiap pagi disitu udah menunjukan kepastian bahwa kita bisa finis dengan normal (under 4 hours). Jadi, persiapan yang paling penting setelah niat adalah latihan ketahanan (lari) sampek bosen, sampek nggak kerasa lagi sakit perut, keram, atau cedera telapak kaki. Nah, disitu sebagai newbie marathon bisa dikatakan pasti bisa melalui berkilo – kilo meter perjalanan, bahkan itupun lari.

 IMAG8608

Jam yang nemenin pas latihan lari, karna takut hujan  kalo bawa Hp  

             Untuk pengambilan race pack harap untuk diperhatikan seksama, mengingat kebanyakan penyelanggara lomba lari memisahkan jadwal pengambilan dan pelaksanaan lari. Jadi, nggak keren kan kalo biaya yang udah dibayarin hangus.

Alat dan Perlengkapan

       Hmm…, ini rada berpengaruh lebih kepada katagori niat lari kita. Kalo profesional atau bertujuan untuk meraih hadiah lomba, dipastikan baju, celana, jam, dan sepatu pasti khusus. Kalo pemula dan pengejar foto sehabis finis ya, selama itu nyaman dan cocok melindungi kaki dari cidera itu sangat cukup.

      Pengalaman lari saya sendiri di 5 Km dan 21 Km menggunakan sepatu badminton RS seri Super series warna kuning ukuran kaki 43 yang harganya 215K (setelah diskon) dan lari di 5 Km kedua baru lebih nyaman, IMAG8607menggunakan sepatu Reebok warna abu – abu (nemu dari kosan). Dan dari sini saya baru ngerti kenapa ada sepatu yang mahal, karena emang nyaman dan enaknya bener – bener beda. Pas liat sepatu yang pada dipakairunners  ditiap lomba jadi makin paham ilmu tentang itu.

      Sementara penggunaan pakaian sih nggak ada yang istimewa, selain nomer dada (BIB) dan kaos dari penyelenggara menggunakan celana training panjang longgar warna hitam udah nyaman banget. Untuk penunjuk waktu saya sendiri cukup menggunakan smartphone dengan aplikasi Endomondo, beres.

Berlari

       Pemanasan sebelum lari, dan jangan telat ke tempat tujuan. setengah 6 sampek di lokasi udah pas banget. Seperti lomba balapan sepeda, secara psikologis kita juga akan terpacu larinya jika mengikuti orang yang sekirannya lebih bagus (sedikit) ketahananya maka kita juga akan serasa termotivasi untuk tetep melaju. Nggak percaya? saya nyoba di 3 even lari tersebut, baru di kilometer terakhir lari nye-(s)print untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Itung – itung memperbaiki peace.

       IMAG8605Kalo perut sebelah kiri atau kanan terasa sakit padahal lari baru juga dimulai. Mending turunin intensitas kecepatan lari dan perkecil langkah lari. Karena tujuan awal ikut lomba adalah untuk finis, jadi utamakan keselamatan. Dengan interval lari yang pas, rasa sakit tersebut akan larut dalam semangat antusias bersama ribuan pelari lain. Begitu

Pendinginan

mePendinginan bisa dilakuin sehabis foto. Dengan cara yang biasa dilakuin selama latihan lari. Hanya saja, pengalaman pas yang trail run, jadi kaki rada masih kaget jadi sakitnya berhari – hari. Dari paha sampe pinggang, karena selain memang rute yang terjal emang pendinginananya kurang baik. Sebisa mungkin ada pendinginan yang cukup meremajakan otot, seperti gerakan pas pemanasan dan ditambah lari – lari pendek dengan interval.

Terakhir

               Ini yang penting, pendaftaran lari marathon semuanya sudah menggunakan sistem online. Jadi perhatikan dengan betul fasilitas dan peraturan yang diberikan oleh penyelenggara. Apalagi kalo masih baru – baru ikuta lari dan nggak ada yang ngedampingin. Karna pengalaman emang nggak semua panitia memberikan tempat penyimpanan barang dan toilet yang layak pakai. Kalo mau tau penyelenggara lari yang bagus sih biasanya even mereka udah kedata di site ini: dunialari.com/kalender-lomba/ atau disponsori dan diselenggarakan oleh para kawakan/pro dikalangan pelari profesional.

            Dan usahakan makan malam yang cukup sebelum acara dimulai, biar ketegangan pas lomba tidak menambah beban mental. Walaupun di setiap rest area lari ada air minum atau buah, setidaknya lebih baik perut sudah siap dari awal.

Semangat berlari, karna lari 3-5 hari/minggu selama minimal 30 menit bisa mengurangi resiko penyakit kronis.

IMAG8606

 Medali finisher (bukan juara).

5 Km KAI run (kuning),

21 Km trail run (putih), dan

5 Km for smiles (biru)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s