Serial anak-anak mamak “Amelia”

Kita tidak perlu mengerti untuk setuju. Sepanjang itu datang dari orang yang lebih berilmu. Besok lusa sepanjang mau terus belajar, aku juga akan mengerti dengan sendirinya. ~Juha

Baru nyadar ternyata cerita – cerita dari buku – buku ini serba nyambung. Darwis “Tere liye” bener – bener membuat otak berfikir merasa ada yang nyantol, “dimana ya tapi?”. Seperti di buku serial anak – anak mamak ada kesinambungan di buku “Bidadari – bidadari surga”, sementara, buku “Rembulan tenggelam di wajahmu” se-irama dengan novel “Pulang”, dwilogi “Negeri di ujung tanduk”, dan “Tentang kamu” yang khas akan dunia martial art dan crime.

IMAG8577Nah, kali ini rada istimewa, karena baru membaca buku serial mamak terakhir, “Amelia”. Ceritanya yaitu tentang si bungsu Amel tentunya. Watak yang disampaikan di dalam cerita ini lebih ke rasa ingin tahu yang tinggi dan pemberani secara emosi. Hingga cerita akhir yang rada sendu-sedih (baca sendiri pokoknya). Sementara setting utama masih berada di kampung dengan prosesi tanam yang nomaden dan buka lahan baru.

Uniknya kali ini tokoh orang lainya adalah teman sekelas Amelia bernama Chuck Noris (emang berafiliasi dengan kegemaran sang Bapak), dengan hikmah yang dapat diambil adalah tentang “Sabar”, sabar untuk membantu teman yang terlihat nakal. Inilah kerennya tulisan dari Tere liye, selalu ada hikmah disetiap bab-nya. Andai kontenya berisi cerita teenlit, kayaknya udah kubakar ni buku…hh

Dan, cerita tentang dunia pertanian kental sekali. Dari perkebunan kopi, karet, hingga metode perbanyakan tanaman cangkok dan kultur jaringan (tissue culture) diangkat disini. Gimana nggak bikin penasaran coba, anak SD udah diberi gambaran tentang yang beginian, Tapi, emang dasarnya buku tentang anak, hampir semua cerita – cerita yang ada dalam buku “Amelia” ini mampu saya imajinasikan dan gambarkan dengan baik, karena juga ngalamin waktu kecil. Kecuali di BAB pertemuan besar dan Epilog paling. Bahkan di cerita Pak Bin yang mengjar IPS (ilmu pengetahuan sosial) tentang peta, saya juga merasakan apa yang anak-anak di sana alami, sangat menunggu dan suka.

Mari membaca buku berkualitas tinggi….!!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s