Nyatet

Nggak kerasa udah tahun (masehi) udah berubah baru aja. Biasanya ada berkeliling atau berpindah tempat untuk sejenak menghilangkan penat dan menerfresh daya kreatifitas dengan mengunjungi sebuah tempat khusus. Kali ini cukup di Kasur, tidur.

IMAG7992.jpgNggak kerasa juga 2017 udah mau masuk di minggu ke-3, biasanya selain udah buat list resolusi-revolusi juga buat list judul buku untuk diburu dan dibaca selama setahun kedepan. Termasuk jika itu buku literatur yang non-fiksi dan non-sastra sekalipun. Sepertinya harus segera mampir dan meramaikan kancah Goodreads.com nih.

Tahun ini emang lagi asyik – asyiknya untuk dibilang “sun bathing” ala bule di bawah terik matahari. Biasannya dari pagi sampai sore ketemunya adalah ruangan dengan atap berpendingin, kali ini berjibaku dengan panas dan rasa haus. Hitung – hitung sih ada benarnya harga cabai di tingkat petani mahal, seharusnya. Selalu ada harga yang dibayar untuk jerih payah. Secara tanaman cabai itu lumayan manja untuk bisa dipanen mulus berwarna merah hingga bisa kita rasakan di pasaran. Cuman tomat yang masih di php.in mulu. Sedih

Apalagi ya, yang udah berjalan di tahun awal ini. Oh ya, mengenai isu low risk residue pestisida. Kemarin sempet baca sekilas di koran luar Nagrek, yang menyatakan salah satu jenis tawon (Bee pollinator) udah masuk dalam katagori dilindungi Karena saking udah langkannya. Dan emang serunnya tuh negara punyaa aja data akan jenis serangga pollinator apa dan nyerbukin di tanaman apa. Detail banget. Nah, menyoal isu ini, emang penting banget. Bukan cuman perkara pembuahan bunga pada tanaman dan keberhasilan akhir produksi tanaman. Hal ini menjadi indikator keamanan lingkungan yang sangat nyata dari penggunaan SAPROTAN, seperti pupuk dan pestisida. Kebayangkan, serangga pollinator yang cuman mampir isep-isep madu di bunga aja sampe lenyap, apalagi bagian tanaman yang seringbanget kontak ama pestisida kita konsumsi.

Tapi, mikir-mikir selama ini di lahan kurang lebih 4 tahun emang hampir  – hampir nggak pernah ketemu serangga pollinator baik dari golongan lebah madu, kupu – kupu atau Wasp (Hymenoptera). Tapi, wajar sih disini penggunaan pestisisda sangat intensif. Kalopun enggak, lahan sebelahnya pas yang nggunaain, jadi sama aja ketularan. Cakep nih kayaknya buat jadi perhatian di dunia PHT.

Dan nggak lupa, ternyata bulan Januari ujan masih juga berlangsung, walopun intensitasnya udah lebih mendingan dari bulan – bulan “-ber” sebelumnya. Tapi kabarnya La-nina bakalan beres bulan Maret. Jadi mari siap – siap dengan suasana kelembapan rendah dan suhu cenderung tinggi.

#2017

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s