Konservasi Tanah

Konservasi tanah sih katanya usaha buat ngecegah kehilangan tanah dari erosi atau mencegah unsur hara (buat tanaman) akibat penggunaan usaha tani yang terlalu intensip, tanah yang masam, tanah kontaminasi garam, atau akibat kontaminasi bahan kimia yang menjadi residu. Saurna wikipedia.

run-offNah, usaha yang digunai buat pencegahan itu apa aja? Nggak jauh ama materi yang diajarin di matkul konservasi da. Rotasi tanaman, cover crop, mekanisme olah tanah, dan menanam tanaman pelindung (windbreaks). Serunya, jaman sekarng itu ternyata para petani udah nerapin usaha konservasi tanah ternyata, seperti dari usaha minimun tillage, pembuatan teras untuk mengurangi pencucian/runoff, membajak sesuai kontur, dan pem-bera-an.

Yang agak masalah di jaman – jaman sekarang malah dititikberatkan pada konservasi dari senyawa kimia. Penggunaan pupuk dan pestisida habis – habisan membuat tanah menjadi lelah, cenderung nggak akur ama si akar tanaman. Jadi kalo ada suatu varietas *terkenal yang ditanam disitu tiba-tiba ada laporan bahwa si tanaman nggak cocok dan nggak ngehasilin di suatu lahan, maka ada kemungkinan besar adalah dampak dari tanah yang udah muak.

Ini nih yang agak seru, beberapa jenis keracunan mineral pada tanaman juga menjadi indikasi tanah yang udah waktunya dikonservasi. Baik itu akibat tanah masam atau terlalu basa sekalipun. Dan banyak peneliti pada sepakat kalo indikasi kesehatan tanah itu banyak cacingnya (earthworm), yang biasanya kita temuin malah dibalik bata tua atau tanah – tanah basah tuh. Kemudian secara mikro, ada jamur dan bakteri yang dia pada nyupport ama pertumbuhan si tanaman, istilah kerennya mah makhluk PGPB (plant growth promotinh bacteria). Kalo mau ngecek mah emang rada kudu expert, mengingat langkah kerja kudu di laboratorium.

Sumber telaah:

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s