Hujan..

“Yang paling menekan semangat adalah keingintahuan itu sendiri. Sering, saat malam telah larut, aku merasa seperti dimasukkan ke dalam kotak kecil berdinding kardus yang luasnya tidak berujung”. Sangat banyak hal yang belum kuketahui tapi telah banyak memberikan dampak untuk orang banyak.

adadKetika ketidaktahuan itu semakin terasa menekan, suatu perasaan aneh menyusupi diriku. Aku mengalami apa yang dikenal gejala fisika mekanik sebagai impuls. Suasana hatiku menguasai diriku yang membuat apa saja melebihi perintah dari saraf pusat otak. Hari ini aku yang paling muda, yang perangainnya cenderung ingin segala hal dicari. Hingga terngiang akan ucapan sang putra fajar. “Kau harus berlatih untuk lebih peduli atau engkau akan mendapatkan hukuman dengan sia – sia”.

“Astaga, ini hari sabtu kang. Apakah karyawan seperti kalian tidak mengenal hari libur?” tanyaku di sebuah saung mewah. Dia mengangkat bahu, “libur hanya untuk tidur Kang. Tapi aku tidak akan berdebat dengan pejabat sepertimu-aku pasti kalah”. Ku tanggapi dengan senyum skaligus memalingkan wajah untuk pulang. Mestinya hari ini adalah hari yang bagus untuk melemaskan penat, akan ada banyak acara meriah di Lapangan pusat. Disayangkan untuk karyawan seperti mereka.

Bukan maksudku untuk membanggakan diri, tetapi ketika aku masuk posisi ini, aku menghadapinnya dengan sabar. “Tidak pernah kami melanggar batas-batas yang ditentukan. Tidak pernah kami mencoba membentuk opini untuk memperkeruh para pemimpi muda”. Aku tahu keberhasilan memerlukan waktu yang panjang. Tidak mungkin tercapai dalam satu kali masa panenpun.

Dua bulan ini entah mengapa terik selalu menerangi atap langit, seperti awan hujan ketakutan untuk datang. Rasa – rasannya rindu akan menari bersama setiap tetesan hujan menghilangkan murka akan perbedaan kita dan sang karyawan. Penerimaan, jangan pernah dilawan, karena sia-sia saja, kita pasti basah. Melompatlah di tengahnya jangan dilawan, biarkan seluruh tubuh kuyup untuk bersama – sama memberikan hasil panen yang sempurna.

Leave a Reply

