Agriculture = Combination Biology, Chemistry, Math in applied

            Hari ini adalah hari pengumuman untuk hadiah nobel katagori Fisiologi dan Kedokteran yang kita tahu dimenangkan oleh Pak Yoshinori Ohsumi dari Jepang (boleh di cek di nobelprize.org). Selain emang hadiah uang yang cukup besar (tapi nggak sebesar DOTA world cup) tentunya ada kebanggaan oleh almamater yang dinaunginya. Sudah pasti juga para mahasiswa yang diajar juga mahasiswa bimbingan beliau. Bisa diliat di wawancara tahun 2012 sehabis Pak Yoshi dapat Kyoto Prize, disitu ada obrolan tentang bagaimana kondisi mahasiswanya, gimana semangat riset itu beriringan dengan kondisi lapangan kerja kedepannya….cukup keren untuk seorang ahli dan periset sejati yang masih mikirin anak didiknya (bisa diliat di https://www.youtube.com/watch?v=OA8UhBOQA-Y).

          Untuk bidang keahlian lain yang akan mendapatkan hadiah imagenobel akan dilaksanakan keesokan harinya, mulai dari fisika, kimia, hingga sastra (live stream http://www.nobelprize.org/nobel_organizations/nobelmedia/channels/widget/live.html) . Matematika murni nggak ada. Walaupun dalam pengumumuman yang akan datang nggak ada nominasi dari Indonesia, setidaknya ada yang ngewakilin awardee dari benua yang sama, Jepang. Jelas ada rasa kecemburuan atau merasa hal seperti Nobel cenderung berlaku untuk periset yang mempunyai akses sarana dengan maksimal. Jelasnya nggak ada rasa untuk diri bahwa di negara saya juga nggak kalah sebenarnya untuk hal-hal yang berbau kebaruan seperti itu.

          Sebelumnya penerima hadiah Nobel dari negara Jepang yang cukup fonumental yaitu Prof. Yamanaka mengenai step cell “iPS Cell” di bidang yang sama dari Kyoto University. Yang pernah belajar bab genetik dan sel bakan bikin penasaran nih, apa sih sebenarnya kegunaanya hingga sampai dihargai sejauh itu.

         Dari dua peraih hadiah Nobel Fisiologi dan Kedokteran ilmu dasarnya sebenarnya merupakan makanan sehari-hari anak tahun pertama di Fakultas Pertanian. Belajar sel dan genetika nggak cuman di kingdom plantae, Fungi, atau bakteria yang bakalan jadi lauk sampai semester akhir, tapi juga animalia.

       Mungkin hanya masalah waktu y, ada bidang pertanian yang bakal dapat Nobel atau “Prize” yang bener-bener setnggi itu tingkat kehormatannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s