Bacaan Sehat

Era laskar pelangi seperti benar-benar hilang ketika nggak ada lagi peneribit besar (TOP 3) yang nerbitin buku serupa. Laskar pelangi berisi tentang perjuangan anak-anak SD di tanah Belitung untuk memperjuangkan masa depan pendidikannya, ditengah hambatan ekonomi dan pengetahun yang terbatas hanya dari sekolah. Setting dan latar pelaku yang dibumbuhkan oleh sang penulis emang membawa suasana yang sama oleh para pembacannya. Mimpi dan kepolosan jaman kecil di kampung. Saya rasa hampir sama untuk angkatan kelahiran (90an kebawah).

Sensasi pergolakan anak-anak yang dikemas dengan tulisan enak seperti Tetralogi Laskar pelangi emang tak jauh dari kualitas sang penulis sekaligus pemeran utama yang difiksikan Andrea “ikal” Hirata. Pembaca dari umur 3 tahun hingga orang tua kepala 6 juga masih relevan untuk dibaca. Nggak banyak ke-lebay-an ala-ala novel romantis atau kebohongan demi menimbulkan efek baper di dalamnya.

Setelah 2016 apakah ada tulisan yang berkualitas lagi?, ada. banyak apalagi jika kita memasukan katagori novel dari luar.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s