Mengobati Tanaman (edisi jamur)

Penelitian di deseases diagonis pada tanaman asa sering ngikutin perkembangan teknologi di bidang kedokteran manusia. Termasuk pendeteksian sumber jamur mikroba. Emang kecenderungan jamur patogen pada tanaman dan manusia agak beda kekejamannya, jelas. Sistem imun manusia akan benda asing lebih keras ditimbang tanaman. Jikalau tubuh manusia jumlah hifa dan kadar toksin yang tinggi baru bisa nyebabin sakit, kalo tanaman akar dari si jamur aja udah bikin gejala yang nggak karuan.

imag5090.jpgKonsep lebih baik mencegah daripada mengobati berlaku juga untuk tanaman. Cuman ini nih yang suka nyebelin emang, gejala (symthom) dari bagian tanaman sakit teh asa buanyak dan irisan dari model yang diliat secara pisik mirip-mirip..12..13 gitu. Ada abiotik, nekrosis karena bakteri, keisengan hama yang boker sembarang, atau bahkan disebabkan oleh nematoda dan virus. Nah, buat ngedeteksi si “badan” jamur tuh gimana?. Perlu kultur dari lahan dongs!!!. Jelas

Metode deteksinya ada yang cepet sama agak lama. Dikulturin dulu atau langsung pake identifikasi DNA (udah kebayang kan uang buat beli primer-nya…hh). Konsep untuk metode kultur sih lebih ngitung berapa hifa/badan buah generatif jamur yang ketangkep di media aja sih. Untuk metode DNA, ya struktur DNA spesifik jamur apa yang kebaca. Seginamapun sama genus jamur bakal memiliki struktur protein A-G-C-T yang beda dongs.

Cuman masih kepikiran sih, se-worth it itukah metode – metode ini untuk digunakan secara luas. Langkah kerjanya mesti tertib (asli jiga wudhu wae), alat dan bahannya spesifik, dan mesti didukung sama prasaran memadai ala Laboratorium.So, petani?! can do it? When?

Alasan utama kenapa perlu usaha “mencegah” dengan mengetahui keberadaan si patogen jamur lebih kepada cara nggunain pestisida nantinya sih. Ya BTW, kan gimana juga tu bahan mahal ya, dan aplikasinya pake tenaga fisik manusia, moal meunang nganggo manuk. Kalo nanti para akademis nyederhanaain jadi ada 6 tepat penggunaan pestisida, ambang ekonomi (economic treshold), dan ambang kendali (control treshold).Kalo data diagnosis macam gini dikumpulkan terus menerus lumayan nih bisa juga ngetahuin indikator kesehatan benih, tanah (media tanam), hingga kondisi lingkungan itu tersendiri. Ya macam udah jadi data buat peramalan penyakit dari jamur apa aja yang bakalan hadir dan nyerang, jadi sebelum mereka matang dan main-main di tanaman, kita serang dulu gitu. Haha…

be part of this is research ya…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s