Berat tubuh di bumi

          Seaslinya ini emang bukan tulisan untuk menakut-nakuti, tapi mencoba membagi tentang kemungkinan-kemungkinan pada tubuh jika terjadi hal yang serupa. Saya akan berbicara tentang berat badan yang materinnya dikutip dari dr. Gredi dari FK Unpad.

         Obesitas atau kelebihan berat badan ternyata selain mengurangi nilai tampilan dan pergerakan juga menimbulkan resiko atritis, sakit pinggang, diabetes, hingga kanker. Nggak percaya? jangan nyobain deh. Untuk tau indikasi obesitasnya bisa ngitung nilai BMI (Body mass index) dan lingkar pinggang.

         10371701_10201391345379280_5896811142155017870_n         Overweight atau obesitas emang cenderung dikendaliin ama pola makan. Mau kebanyakan konsumsi atau kurang jalan (olahraganya).  Ada yang emang dari sononnya gede badannya walo udah dikit makannya, ada yang makannya se-bukit tetep aja kurus. Nah, ini emang dikandiliin juga ama yang namannya aktivitas. Ada gede karena kualitas badannya yang berisi otot ada kurus yang eman porsi makanan bergizi sangat kurang.

        Sebenernya secara nggak langsung, underweight juga bahaya selayaknya overweight. Keduanya sama-sama harus diatur secara ketat pola makan seimbangnya, nggak nunggu lapar karena kekurangan gula darah sampe lemes dan berhalusinasi baru makan, tapi cukup lapar kerena emang waktunya lapar kroncongan tuh perut.

         Kemudian ini nih yang juga sangat penting, beraktifitas fisik alias olahraga. Jangan melulu dikaitkan dengan olahraga prestatif lho, ini berkaitan dengan olahraga untuk meremajakan diri. Yang aerobik, jalan hingga lari. 3 sampai 5 hari seminggu per 30 menitan aja, nggak lebih (kecuali untuk yang overweight 60 menit). Ya tentunya harus ada pelemasan dan pendinginannya biar nggak gampang sakit tuh sendi-sendi.

        Jika masih ragu dengan kondisi kesehatan badan, boleh tuh general check – up di rumah sakit. Biar puas gituh….

Sakit dan sehat itu tentang proses ikhtiar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s