Tuhan ahli pasti “matematika teori”

          IMAG7087Beberapa saat sempat ngiler beli buku ini karena, suangatt jarang ada buku yang berbau scientific dikemas dalam kasanah sastra umum. Nah, buku dari Associate Professor di Universitas Essex, Inggrris bernama Pak Hadi Susanto ini emang hampir 80% isinya tentang bagaimana pemodelan matematika untuk sebuah kasus. Istilah gampangnya mah membuat rumus untuk kegiatan di sekitar kita, dan itu bisa dibuat dalam ribuaan lembar HVS. Ok. ngeri emang keliatannya, tapi disimpelkan sama Pak Dosen ini dengan studi kasus around the world. Nah, selain itu juga bakalan disampaian perjalanan singkat beliau kok bisa jadi dosen di berbagai negeri antah berantah dari perjalanan semasa SD-SMP-SMA-di ITB.

        Dan FYI, ternyata beliau juga pernah ngerasaain jadi pejuang hidup hemat ala anak kosan. Cuman kayaknya untuk ukuran jaman sekarang nggak bakal ada yang sekreatif itu. Beasiswa udah gede dan sangat mudah untuk dijangkau. Nah, apa yang terjadi dengan Pak Hadi ketika masa-masa ikut masuk walimahan di hotel-hotel buat ngerasain makanan kerena dirasa emang berlebih dan nggak jarang Pak Hadi ngeliat sering makanan itu nggak diabisin sama tuh tamu (ih,,,jorok)…sebagai anak pertanian bakalan sensisitif buat berkara yang kaya gini.

       IMAG7069Masih ingat kata Pak Salim A. FIllah penulis buku bagus Dalam Dekapan Ukhuwah pernah nyampaiin tentang pak hadi ini, bahwa walaupun udah lama di Belanda, ngajar jadi dosen di Amerika hingga Inggris tapi Bahasa Inggrisnnya masih beraksen khas ala Lumajang. siapa tahu.

    Jadi, emang bakalan lebih seru buku ini dibaca sebelum masuk perguruan tinggi. Banyak hal rekomendasi yang disampaikan di buku ini. Blajar bahasa inggris, alasan kenapa masuk jurusan FMIPA (matematika), hingga hal-hal sensitif seperti jodoh dikala usia muda zaman kuliah juga kebahas.

Selamat membaca

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s