Model matematika pertumbuhan mikroba

fzero( = exp {-exp[P(Tzero– T)]}1

Overall specific growth rate as a function of temperature.

image

Nilai dari fungsi transisi ftrans(T) untuk angka pada parameter

α dan Ttrans = 500C

Sedikit-sedikit rahasia sunnatullah ke-mikrobaan mulai paham, kenapa bisa begitu. Di jaman yang serba moderen dengan pembelajaran diagram bahwa pertumbuhan mikroba mengikuti pola eksponensial/logaritmik, ternyata benar. Hatur nuhun Ibu guru.

Hanya saja emang dari semua komponen pertumbuhan mikroba yang dimodelkan di dalam jurnal (Teleken, dkk., 2011 dan Van Impe, dkk., 1992) variabel yang dimasukin adalah si “T” alias si suhu. Dirunut – runut rumus seruwet akar rumput yang turunan dan kombinasi substitusi yang dipake bisa bikin kepala geleng-geleng. Mengingat emang nggak semua rumus bakalan dijelasin atau minimal diberi keterangan arti dari variabel dalam rumus tersebut. Kan, udah lama nggak belajar yang gitu-gituan ya. PR

Bahkan emang mikroba yang ada di susu, juga bentuk diagram tumbuhnya tetap-tetap aja sama. Dengan pembatas lainnya ada pada si “N” alias nutrisi.

Ada aja ya hidup tuh, kirain pertumbuhan-pertumbuhan mikroba itu ditulis hanya pada konsep efek serangannya aja, alia melihat dari sisi gelap si mikroba aja, Kalo dia ada tapi nggk ganas kita asumsikan Log Phase, kalo di lagi ganas dan bertambah banyak populasiinya jadi exponential phase, dan pas udah tua renta dan mulai padam gairah mudannya jadi stationary phase.

image2

An important point to be addressed is that its own definition is somewhat arbitrary

1. Van Impe Jan F.L., Bart M. Nicolai,Toon Martens,Josse De Baerdemaeker, dan Joos Vandewalle. “Dynamic Mathematical Model To Predict Microbial Growth and Inactivation during Food Processing”. Journal of applied and environmental microbiology vol. 58, 1992, hlm. 2901-2909.

2. Teleken, Jhony T., Robazza,W. Da Silva, Gomes, Gilmar De Almeida. “Mathematical modeling of microbial growth in milk”, Journla Ciênc. Tecnol. Aliment., Campinas, 31(4), 2011, hlm. 891-896

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s