Gimana (sejarah) pertanian didapat

          Nggak tau juga sih seberapa penting dan seberapa besar (angka pas) tingkat signifikansinya melajarin sejarah pertanian dalam kaitannya lahan untuk ditanam. Dalam teorinnya sejarah (penggunaan) lahan pertanian sering disinggung sebelum penetapan pola tanam dalam sebuah sistem tanam  yang akan dipakai.

          Kalo di matkul SPBO (Sistem pertanian berkelanjutan organik) biasanya di dasarkan kriteria sejarah fisik lahan dan potensi hasil varietas yang bakalan ditanam sebelum pakai rumus tertentu buat nanam (wih, mantep agriculture mathematic). Cuman selama kuliah belum mendapatkan bab khusus yang membahas khusus tentang “sejarah lahan”, nggk tau kalo pas pelajaran tersebut lagi istirahat (baca: tidur). Emang sejarah pertanian dalam banyak sumber diidentikan dengan masa – masa perang dunia ke-2 dan perkembangan besar-besaran industrialisasi produk pupuk dan pestisida buatan skala pabrik dan proses sintetisnya, pembukaan lahan alami untuk usaha pertanian secara ekstensif, hingga kemudian dirangkum dalam repolusi hijau. Mengenai sejarah repolusi hijau bisa dibaca di buku “Merevolusi revolusi hijauPemikiran guru besar IPB tulisan  Pak Rhoedhy Poerwanto.

       Alasan mengapa sejarah (lahan) itu perlu  sedapat saya karena….

1. terkait OPT yang tersimpan dalam tanah, 2. kandungan mineral tanah yang berpotensi sebagai pupuk, 3. tidak mengulangi kesalahan yang sama, 4. memanfaatkan potensi alam yang sudah tersedia (default), 5. kurang kerjaan.

      Secara dalam kaitannya alasan – alasan tersebut emang jarang dilakukan mengingat parameter dan metode kerja yang kurang terjangkau untuk petani, kita akan sering menjumpai konsep berak atau istirahat untuk sebuah lahan atau sawah. Dan itulah salah satu local genius  yang mereka aplikasikan buah dari aplikasi pembelajaran sejarah eksplisit yang menyeluruh.

Sepertinya akan tambah greget kalo ada data aktual dan model matematikanya ya. hmmm…. maybe next time

  

Catatan: jangan tanya ke petani soal ini, bisi tambah lieurr…hh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s