Mengindikasikan tanaman sehat

image.pngIdealnya para penanam tanaman untuk hobi mempunyai insting untuk melihat tanamannya itu sehat atau nggak berbeda dengan yang sudah pro. Nah, indikator sehat itu yang utama adalah “tumbuh kembang” normal selayaknya teman setanaman yang lain. Ketidaksehatan karena serangan penyakit untuk pertama kalinnya biasannya diwariskan dari media tanaman (tanah). Makanya sering peneliti mengungapkan bahwa indikator kesehatan tanaman dimulai dari kesehatan tanahnya juga. Nah, mari kita sederhanakan:

Karna tanaman sudah terlanjur tumbuh, maka mari tinggal mendiaknosisnya;

  1. Pertumbuhan masa-masa berkecambah, membentuk bakal daun dan batangnya tidak jangkung kekuningan apalagi rebah.
  2. Masa vegetatif, kekompakan tubuh dan warna daun perlu diperhatikan lebih. Karna perubahan warna dan perbedaan laju pertumbuhan mengindikasikan ketidakmerataan penggunaan nutrisi/pupuk (main: N, P, K) dan air
  3. Cek kesehatan, kerusakan fisik non-mekanis atau perubahan warna yang mencolok diiringin busuk pertanda peringatan dari patogen dan hama. Usaha yang bisa dilakukan dengan pembersihan bagian yang rusak/mencabut. Untuk tanaman sayur-sayuran jika sudah terserang penyakit lebih baik di cabut.
  4. Masa generatif (udah berbunga-panen), kalau bunga suka rontok biasannya kebannyakan menggunakan ZPT (zat pengatur tumbuh), kalau terlalu banyak angin bisa ditutup (disungkup) menggunakan kertas karbon.

Nah, sekian secercah kehati – hatian untuk melanjutkan hobi sebagai penanaman. Adapun indikator kesehatan dengan kajian detail baik secara kimia, biologi, maupun fisika bisa dicari di laman internet. Thanks

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s