Berburu Cara mudah

image       Tulisan ini nggak ada kaitan isi dari buku di samping  yang berjudul “Elegance in science: The Beauty of simplicity” tulisan pak Glynn, karena emang belum baca dan (belum ada ongkos buat beli).  Tapi sekirannya judul dari buku dan desain sampul yang emang simpel mempengaruhi isi dari tulisan kali ini. Check it out !

      Secara keseluruhan hanmpir – hampir teknik pelaksanaan pertanian, dari pra tanam hingga penjualan ke konsumen (pemakan) ada kejenuhan, ke-stagnant, nggak ada yang bener – bener inovasi-baru-segar dan menambah keperbaikan di bidang yang satu ini. Kalo selebrasi banyak. Memang kondisi hari ini untuk komoditas pangan (padi, jagung, umbi) masih ada daerah provinsi yang produksinnya surplus (dihitung berdasar rasio hasil dibagi konsumsi per kapita pertahun).  Nasib aneka kacang, tepung, dan aneka sayur seperti ibarat fauna bertipe endemik, khas kedaerahan adannya terpusat.

       Tapi, sebenarnya salah nggak sih sesuatu yang begitu-begitu mulu di pertanian itu?. Kalau ditinjau dari angkatan kerja petani (farmer) dan perangkatnya (peasant) sama luasan lahan pertanian (land) yang tiap taun menurun munkin bisa “salah”. Tapi kalau diliat tingkat ekonomi para pelaksananya mungkin “bener”.

     IMAG6969Suasana sidang S1 di Departemen Hama dan Penyakit, Unpad

Karna setau saya sebagai penulis di sini, baik peasant maupun farmer itu bekerja dengan cara yang indah nan sederhana beauty  and simplicity. Kebutuhan dan sisa keuntungan menukupi untuk keseharian udah cukup. Bagaimana cara kerjannya sehingga begitu simpel dan bisa dikatakan ini cara gue. Berbudidaya seperti nenek moyang ajarkan (local genius), belajar dari penyuluh pertanian (extended), ketlatenan merawat (pleasant/ syukur), hingga penggunaan sumber daya lokal (local wisdom). Hanya itu, SImpel nggak muluk-muluk.

Hanya saja, apa yang seharusnya ditambah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s