Diskusi Terhormat

         Emang keren ketika kita mempunyai kesempatan yang sangat tinggi berdiskusi, bermusyawarah, dan melaksanakan kegiatan yang full fasilitas, full akses, dan full founded  (hayang gratisan wae). Ruangan balairung kampus atau aula rapat terbatas fakultas sepertinya nggak akan semudah itu kita bisa pakai kalau hanya sekedar sebagai anak organisasi internal. Apalagi tanpa melibatkan pihak kampus dan petingginya, dirasa akan sangat susah mendapatkan kualitas sarana yang menjunjung semangat hasil diskusi.

        Walaupun kita dari fakultas pertanian sekalipun kesempatan dan kelayakan untuk mendapatkan momen seperti itu akan sangat sering terjadi. Fasilitas itu setidaknya diisi dengan tempat duduk dengan posisi yang ergonomis, audio yang lantang dan jelas sehingga enak untuk saling tanggap, hingga tak luput fasilitas konsumsi mengikuti dengan kelas yang tentunya berbeda dengan asupan rutin kita.

       Aula hotel, ballroom konferensi, hingga kamar single bad, nggak tanggung-tanggung bisa dikucurkan oleh kampus, lembaga, departemen, atau sponsor yang menjadi bos kita. Tentu prestasi dan kesempatan di atas nggak begitu saja didapatkan, apkan untuk menerima kesempatan tersebut.

    astn  Sudah sepatutnya fasiltas yang kita dapatkan sebagai pelaku peneliti bukan menjadikan momen ini sebagai selebrasi yang malah kita anggap sebagai prestasi.

      Hanya saja kita tak bisa menafikan kenyataan bahwa produk dan wilayah penelitian utama kita yaitu “Petani” sendiri mungkin tidak/sangat jarang merasakan apa yang kita rasakan, kenyamanannya. Hal inilah yang sudah saatnya menjadi PR kita bersama, bagaimana kebaikan hati petani yang bertahun-tahun kita mintai data, kita eksplorasi demi beresnya makalah dalam kertas, bahkan sampai memberi pelayanan full dirumahnya tanpa diminta sekalipun. Suatu hari bisa kita balas dengan sempurna optimal dengan fasilitas yang nggak kalah keren, walaupun itu hanya sejenak. Juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s