The Future of the Academic Journal

Around 90 percent of journals in English language are now available online, and users can to access articles in this way, whether at their place of work or study, dorm or remotely from home.

IMAG0667Pengalaman membuat sitasi, mencari sumber untuk memperkuat tulisan memberi makna, ternyata tulisan yang kuat itu emang perlu usaha ekstra kuat juga. Walaupun secara jelas seperti kalimat diatas telah dijelaskan bahwa akses sumber referensi sudah sedemikian gampang, hanya saja nggak semua kegampangan itu bisa didapat semudah apa yang dapat kita lakukan dimana-mana (portable), ada uang.

Tulisan yang akan di comot perlu kejelasan sumber periwayat awal, supaya tidak kehilangan kekuatan kebenarannya. Dan hal ini masih menjadi PR untuk tulisan-tulisan ilmiah berbahasa Indonesia yang bertebaran di jagat maya. Sering didapati pencomotan sangat mirip antara yang dicomot dan yang mencomot (copy-paste), dan nggak sekalimat-dua kalimat selembar!.  Kecuali untuk bidang Tekhnik, sejauh ini sudah banyak sekali berbenah.

Kepekaan akan tulisan-tulisan seperti ini emang perlu dilatih, seperti halnya kemarin sempat menemukan sebuah buku yang cukup mengagetkan lagi, berjudul “Jalan cinta para pejuang”, yang dihitung dan dirasai sangat banyak textbook, buku populer, artikel dan laporan penelitian yang di pakai. Paraprasingnya menggunakan kata-kata ala syair, nikmat, mengalir, lembut. Ibarat kue, komposisi telur dan tepungnya pass. Lembut di mulut.

Yang menarik memang perpaduan antara sejarah penulis dan apa yang ditulis juga diperhatikan, Marslow, Gladwel, Imam Syafi’I tak luput dari ilmu yang terciprat di dalamnya. Sejujurnya ngebuat skripsi dengan daftar pustaka maksimal, sepertinya nggak akan lebih dari 3 lembar yang akan tercantum dalam 30 halaman. Dan buku Karya Pak Salim A. Fillah ini 330 lembar. Bisa dirasakan kuatnya.

Sehabis baca buku ini jadi kebayang, gimana para perawi-perawi hadis jaman awal dulu. Bener-bener ngalkuin screening, olah plagiarisme dari berbagai sanad. Kekuatan dari orang-orang yang mewarisi hadis secara audio dari jaman nabi Muhammad harus pas. Ngandalin memori aja nggak cukup, fiqih, akhlak, syair, hingga sejarah sepertinya jadi bekal wajib.

‘In 2004 … academic publishing in the Western world was dominated by 12 publishing corporations with combined annual sales of approximately $65 billion and employing in the order of
250,000 employees’~
Kata pak BILLCOPE dan Pak ANGUS PHILLIPS.

imageSebuah keikhlasan dan perjuangan yang dipadupadankan untuk jalan Allah, emang nggak ada duannya.

Cinta bagai ilham dari langit yang menerobos dada dan bersemayam dalam jiwa

dan kini kami mati karena asmara yang telah meililit seluruh nurani

Katakanlah padaku: pemuda mana yang bebas dari penyakit cinta

Love and obsessive compulsive disorder could have a similar chemical profile~Slater L.

Mereka kini sedang menyimak halaman-halaman buku ini. Karena mereka sedang meniti jalan cinta para pejuang

Selamat Membaca

Sumber inpirasi:

Buku “Jalan cinta para pejuang” 2008. oleh Pak Salim A. Fillah

Buku “The Future of the Academic Journal” 2009. Oleh Pak Billcope dan Pak Angus Phillips

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s