Lecture better, good, best?

        Saya lebih banyak menelpon mahasiswa dari pada mahasiswa menelpon Saya..  

        Pernyataan manusia tersering lebih banyak pada opini, walaupun nggak jarang sumbernya adalah fakta, dan terukur sekalipun. Mungkin ini juga yang jadi alasan para fuqoha ahli fiqih mendasari ijtihad tentang menghadirkan 4 orang ahli sebagai saksi, selain memang udah gede, tau kebernarannya juga baik perangainnya. It’s always not simple like beginners

        c        Mungkin hari ini perkuliahan non akademik yang sekian kali di kampus ini. Bener juga ternyata apa yang dikatakan oleh speaker mengenai, “jangan menyesal nanti jika keluar sehabis ini (acara)”, dan ini bener-bener terjadi. Menyesal. Setidaknya untuk sebuah alasan.

          Ada kriteria guru yang hebat berdasar kriteria murid pada umumnya, ada pendidik berprestasi berdasar kum atau ruman yang cemerlang, ada guru teladan yang dinilai oleh banyak pihak dan mendapatkan pialannya dalam bentuk yang bermacam – macam. Melakat dalam – dalam bersama kesuksesan para murid ajarnya atau termaktub dalam tinta emas penghargaan “dosen teladan” dari presiden.

When you solve a problem, your brain may reward itself with a small dose of dopamine, neuroscientists know that dopamine is important in both systems — learning and pleasure. ~Pak Daniel, 2009

         Jelasnya banyak hal yang membuat nyaman untuk selalu tampil semangat dan berkonsentrasi penuh ketika menerima bahan ajar dari dosen, yang sayangnya nggak semua mahasiswa melakukannya dengan semangat.

People Are Naturally Curious, but Curiosity Is Fragile

         Hanya saja memang semangat berkuliah yang memang mayoritas metode yang digunakan adalah old teaching, teacher based learning, dan memorized method (only), memberi dampak yang cukup mencengangkang untuk siswa yang sudah nikmat 12 tahun bersitegang dengan kursi mulus dan meja ketusnya. Harapan pendidikan tinggi membawa arahan menuju kebanggaan tinggi dan tempat kerja benefit. Jelas tidak salah, hanya saja idealisme ini mudah rapuh.

 

Mungkin karna saking seringnya memberi makan mahasiswa saya, saya bisa mendapatkan penghargaan “maha guru” ini. ~Prof. Purba

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s