Masyarakat ‘produk’ lokal

pot2

Apel pagi di KRI Banda Aceh 593 pada ekspedisi bhakti PMK 2016

       Lebaran lagi, bagi masyarakat kampus tentu masa mudik menjadi kejadian paling dinanti dan skaligus menjadi dilema. 2016 menjadi kenaikan jumlah pemudik skaligus kenaikan uang yang beredar menjelang lebaran, yang tentunya masih didominasi Pulau Jawa dan jalur transportasi darat. Makanan media emang banyak kalo udah rame-rame gini. Cuman terkadang ngerasa kasian juga, dibeberapa titip pintu keluar tol yang tahun-tahun sebelumnya muancet, eh tahun ayeuna sepi mampri atau mancet separah-parahnya jiga Brexit!!.

       Hal yang lebih beda dan membelalak di mata adalah sepinnya kondisi di lingkungan kampus. Membuat mata para mata anak kosan akan lebih mudah menemukan mana warga masyarakat lokal dan behavior di sekitaran yang serba orisinal. Dan satu hal yang lebih peurih, ternyata selama ini kita nggak pernah kenal dengan mereka sebagai tetangga, padahal sudah menggunakan lahan masyarakat sekitar.

        Opsi terakhir adalah sedikit-sedikit menampakkan diri, supaya mereka tau kita dan kita kenal mereka dengan berusaha saling senyum dan tatap. Walopun tidak dipungkiri selama pembangunan kosan berbanding terbalik dengan pembangunan SDM masyarakat tergusur.

        Walopun hingga hari ini, tahun ini, pembuangan sampah di daerah kosan kita sendiri belum teratur. Walopun sumbangan sampah dari anak kosan nggak dikit yang harus diangkut tiap minggunya. Walopun banyak sampah nggak dipisah mana yang basah ama yang kering sehingga menyebabkan bau. Setidaknya kita memulai semua dengan kepedulian untuk berubah menjadi manusia sosial dan berkelakuan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s