Baca buku “Bab Prioritas”

               Sepertinya hampir semua bakalan ngerasain detik – detik Tugas akhir hingga dunia pasca kuliah. what I must choose!. Gegara terlalu banyak keinginan dan ketidakteraturan dalam mengambil keputusan dalam berkegiatan, ya belajar dengan salah satunya baca buku karya dari Ustaz Syeikh Dr. Yusuf Qaradhawi berjudul Fiqih Prioritas deh biar nambah referensi. Tenang aja bukunya nggak terlalu tebel dan udah alih bahasa kok, ditambah seperti kecenderungan beliau dalam menulis sebuah buku, buku ini didasarkan pada masalah kekinian alis "kontemporer” gaul gitu. Woles aja

             Dalam buku ini diisi dengan tema ibadah ghoiru mahdah tentunya, seuatu yang masih diijtihadkan dan dicari titik temu terbaiknya, kalo boleh ngutip tuh, memilih yang terbaik dari yang baik-baik dan memilih mudorot terendah dari kejelekan yang paling mungkin. Isi bukunya mulai dari perihal ibadah sunnah, dakwah, pekerjaan, hingga prioritas dalam membina profesi kerja. Nas yang digunakan juga kuat banget lho, dan nggak dikit kutipan serta tafsir dari Al-Qur’an dan Hadits-nya langsung.

         Buku ini emang cocok buat anak muda yang suka bimbang suka banyak tanya tapi nggak jalan-jalan, cepet emosi (panas), tanpa perencanaan matang kedepan, pokoknya darah muda banget deh!. Pas buat introduction to make decisions. Di buku ini juga sering dibahas mengenai ketidakmanfaatan dari perdebatan dan pembahasan remeh-temeh yang sudah waktunya dibuang jauh-jauh dan gercep gerak yang lebih manfaat, seperti masalah trawih, penisbatan buta tanpa ilmu pada suatu kegiatan yang tanpa ilmu., hingga masalah khilafiyah pengkotak-kotakan golongan berdasar pandangan yang merasa paling benar. Berbeda pendapat emang boleh sih, cuman alangkah sangat baik dan bijak untuk mengonfirmasinya secara langsung face to face kepada yang terkait dan dengan pelajaran yang baik …wa jaadilhum billati hiya ahsan. Jadi udah nggak jamannya adu dan saling salah ya di media digital. Dan di buku ini ada step-step nya gimana cara memberi pendekatan itu.

        At least, karena berasal dari kalangan akademis merasa bangga bahwa studi saya disinggung 3x (kalo nggk salah) oleh Syekh Yusuf Qaradhawi. Yaitu mengenai keutamaan bekerja dengan linier dengan spesialisasi selama duduk di bangku kuliah. Jadi makin seger dan pede. hehe.

Walaupun ini buku terbit dari Doha udah sepuluh tahun lebih yang lalu (1994) nggak ngurangin lho sama kondisi jaman sekarang tingkat ke-kontemporerannya. Sitasinnya edan pokoknya, buanyak. Kalah kayaknya disertasi juga, dari perawi hadis, peng-ijtihad handal, hingga penulis buku terkenal ditulis nama pengarah dan judul karya tulisnya lengkap tersaji hingga nomer-nomernya. Udah kaya baca Kumpulan paper internasional ter-index: Fiqh Priority  (kalo ada). Dan para pemikir hebat guru peradaban dari Imam Al-Ghazali, Ustaz Muhmmad Abduh, Syeikh Qutb, hingga generasi baru Guru kita Hasan Albana termasuk dalam rujukan dalam penyusunan buku keren ini.

       Mumpung momennya lagi pas Ramadhan. Yuk ah sekarang belajar Fiqih prioritas. Dan karena termasuk buku teks, jadi mesti pelan-pelan untuk membacannya, mengunyah dengan sabar supaya dapat terpatri. 

fiqh priority

Halaman depan buku Fiqih Prioritas

Judul : Fiqih Prioritas, Sebuah kajian baru berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah

Penulis: Syekh Dr. Yusuf AL-Qaradhawi, Aunur Rafiq ST (penerjemah)

Penerbit: Maktabah Wahbah (Kairo), Robbani Press (Jakarta), ctakan kesepuluh (2014)

Halaman: 382 + x

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s