Nyebrang ke Pulau WITA

image

      Keindahan Papua Barat untuk pandangan pertama dan pandangan ke seminggu tetep saja syahdu dan bikin merindu bagi yang bakalan meninggalkannya. Papua Barat diwakili oleh pelabuhan terkenalnya, Kaimana. Pelabuhan pertama yang dibuat dari jaman Blanda di sana, pintu masuk pasukan kusus TNI-AL masa resesi penjajahan Jepang hingga tempat singgah para transmigran luar Papua maupun dari dalam Papua yang enjoyy!! (Aslina).
     Jika PBB dengan UNTEA-nya sampe bingung setahun nyerahin pulau semewah ini antara ke pihak Belanda atau Bumi Pertiwi, setidaknya ketika kita datang sendiri ke Papua “Ooo, wajar… luar biyasa sih nih tempat”. Walo akhirnya kekuatan demokrasi via ¥¥¥¥¥ -lah yang terkuat, pemilu rakyat Irian untuk milih nentuin sendiri mau ngikut negara yang mana. Dan sah.
      Pemukulan, perang, penge-drop-an (ala anak sekolahan), mabuk-an, masih ada dan dijumpai warga yang menetap di sekitar. Dan yang riweuh pisan, tentu yang pemangku adat dari masing-masing suku terkait (suku Jawa juga ada). Biasannya uang-lah yang akan membereskan sesi panas di atas meja ijo tersebut.
      Ngomong-ngomong soal pantainnya, kayaknya gak usah ngomong dulu raja ampat, triton dulu. Pantai sebelah jalan aja udah bikin ngiler buat terjun langsung dari tepi marka jalan. Subhanallah dah pokoknya, (apalagi yang dua tadi…ww).
       Tapi kesan istimewa untuk Kaimana adalah, there’s look like homeself, aslina. Politly – friendly for tourist like Us, ehm. Kalo berpapasan suka nyapa dulu dan pake senyum pula mereka “marii” atau “slamat pagi/siang”, keliat kan merah segar nginang-nya.
         Hanya saja kalo mau ke Papua bawa kantong sampah sendiri ya, soalnya agak susah buat buang sampah, kecuali jika se-enak jidatnya dan itu buanyak yang buang seenaknya.
    Feel free and be honest for yourself guys!!!

D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s