Berkendara

image

Berkendara di Kampus
Earth day, kabar bahwa ada hari bumi itu ada dan diperingati di Indonesia bernama “Hari Bumi”. Baru nemu istilah dan acara macam ginian emang setelah masuk dunia kampus, jadi mahasiswa tapi nggak ikutan acara formalnya (22/April).
Nah, kalo ditelisik lebih dalam hari bumi diperingati menitik beratkan pada pendukungan “environmental protection”, melindungi lingkungan dari gangguan atau kerusakan yang telah terjadi supaya nggak menjadi – jadi. Peringatan hari bumi udah ada ternyata sejak tahun 22 April 1970 yang sekarang udah di kordinasi oleh “Earth Day Network” di lebih 193 negara yang memperingatinya. Sepirit hari bumi termasuk semangat pada pencegahan akan efek rumah kaca, penggunaan energi terbarukan, dan permasalah penumpukan sampah. Ya, kemudian di kompail sebagai global warming.
Salah satu usaha perbaikan dan penyambutan dalam hari bumi ini di kampus – kampus adalah pengurangan penggunaan wadah plastik sekali pakai, lebih pada penggunaan wadah yang reuseable. 
Cuman belum nemuin sih penekanan pada hal mendasar dan semangat awal dari hari bumi ini pada “population effects”, yang sering bikin jantung berdegup dan emosi di jalanan sepanjang jalan kota maupun kabupaten. Jumlah pemakaian kendaraan bermotor (pribadi) dari tiap musim mahasiswa baru maupun lama masuk ke kampus, nggak ada kecenderungan berkurang atau minimal berpindah ke kendaraan umum yang disediakan tuh.
Sering gue nemuin atau berseliweran ama temen – temen yang jalan berangkat sebelum angkot maupun odong – odong kampus beroperasi, kayaknya sih temen – temen dari rumpun medic atau yang ada praktikum lab pagi. Dan malu ketika kesalip jalan ama cewe. Is..is..is.
tapi, btw ngapain gue ke kampus pagi – pagi ya? Kan udah nggak ada kuliah. #lho.

Tapi juga pernah nemuin (walo jarang) ada lho dosen, (oke sekali lagi #DOSEN) yang ngegunain kendaraan umum dan jalan dari gerbang pagi – pagi. #salut pokoknya. Sayang nggak sempat berkenalan dengan beliau – beliau. Tentu bukan berarti nggak suka ama yang berkendara “pribadi”, siapa lagi nanti yang bakal gue tebengin. …eaaa.
Dan kayaknya emang hanya orang – orang “bego” yang kuliah ke kampus ini (Unpad) berangkatnya jalan kaki atau naik sepedah. (you know-lah maksudnya!!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s