Sosial

Ego ternyata kependekatan dari himpunan kemusyrikan, Edging God Out!. menyampingkan tuhan. Sedep, dan menurut buku bantal Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah /égo/ n Psi 1 aku; diri pribadi; 2 rasa sadar akan diri sendiri; 3 konsepsi individu. Sedikit ngebaca dari jurnal yang berjudul Social Relationships and Health: A Flashpoint for Health Policy oleh Pak Debra dan Pak Jenniver. Penelitiannya gini kalo nggak salah hasilnya, penelitian menunjukan hubungan sosial mempunyai dampak jangka pendek dan jangka penjang terhadap kesehatan  yang lebih baik atau tambah buruk, dan bahwa efek kelihatan muncul di masa kecil mengalir hingga sepanjang hidup, yang tentunya hal ini bersifat kumulatif.    

we

Penjual boneka dan anaknya di lapak pinggir jalan

        Masih dari jurnal yang sama, bahwa bukti ilmiah yang kuat menunjukkan bahwa hubungan sosial mempengaruhi berbagai hasil kesehatan, termasuk kesehatan mental, kesehatan fisik, kebiasaan, dan risiko kematian. Sosiolog memainkan peran utama dalam merangkai hubungan pada penelitian ini, dalam identifikasi dan penjelasan mengenai hubungan sosial pada kesehatan. Mereka juga menemukan variasi sosial (misalnya, oleh usia dan jenis kelamin) untuk meningkatkan keakuratan pengamatannya. 

Sebenarnya emang ada batasan dan penjelasan lebih detail mengenai apa itu interaksi atau hubungan sosial itu, baik dari sudut pandang psikologi maupun sosiologi-antropologi. Nah, karna kita mungkin mengenal interaksi sosial lebih banyak dijalin dan diakrabkan karena “kepentingan”. Apakah itu teman sekolah, teman butuh hutang, ketemu di organisasi/kelompok tertentu, teman butuh seneng (cantik/tampan), atau mungkin karna diannya punya nama jadi weh kejar. Kesemuannya terikat oleh waktu dan kepentingan. Nggak bertahan lama, kesemuaanya hanya bertahan kerna ada kepentingan dan nafsu belaka.

nggak akan ada pertautan (linkage) antar teman (sejati) kecuali jika emosi itu tercipta bukan egoisitas….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s