Pinter

Kayaknya cara belajar yang sesuai dengan kemampuan dan kecerdasan anak baru dikit banget ya di negeri ini. Berbasis Kurikulum, yang menjadi pusat perhatian adalah guru yang berkhotbah di depan. Ada memang yang mungkin paham dan cepet hafal tanpa menuliskan ulang cukup mereview bentar. Mungkin juga ada yang ahli pada beberapa katagori pelajaran yang dianggap perlu dan disukai, atau yang paling parah nggak suka, ngantuk, nggak nyatat, nggak ngreview, nggak latihan soal, nggak ngerjain PR. Dan yang terakhir itu….*pokoknya pernah ngrasaain sendiri

Nah, ada namanya teori yang cukup menarik dari Pak Howard Gardner, professor of education at Harvard University.  Beliau merasa kecerdasan yang cuman didasarin ama IQ kayaknya kurang keren deh dan asa kurang mewakili1…(ya kurang lebih gitu terjemahannya..hehe). Nahm

Pak Dr. Gardner mengusulkan delapan tipe kecerdasan yang berbeda untuk menjelaskan lebih luas mengenai potensi manusia, dari jenjang anak-anak hingga orang dewasa. kecerdasan tersebut adalah:

  • Linguistic intelligence (“word smart”)
  • Logical-mathematical intelligence (“number/reasoning smart”)
  • Spatial intelligence (“picture smart”)
  • Bodily-Kinesthetic intelligence (“body smart”)
  • Musical intelligence (“music smart”)
  • Interpersonal intelligence (“people smart”)
  • Intrapersonal intelligence (“self smart”)
  • Naturalist intelligence (“nature smart”)

Nah, kalo nanti abis ketahuan nilai kecerdasan dari masing – masing kecerdasan anak, bisa tuh dibuat mekanisme pengajaran yang sesuai dengan tipe pembelajaran yang dia banget. Misal, mau ngajar pelajaran bahasa, tapi anaknya lima besar tipe – tipe kecerdasannya Matematis, Intrapersonal, Musikal, Kinestetik, dan sedikit Spasial. Brati yang digedein porsi model belajar bahasanya yang agak matematis. Membuat cerita matematis berupa deskripsi yang punya pola. Nah, matematis banget kan… (#iyain aja ya…hh).

Nih, kalo seidikit mau nge-cek tipe kecerdasan kamu didominasi apa aja…. http://www.literacynet.org/mi/assessment/findyourstrengths.html

pak1

Tipe kecerdasan saya didominasi ama Intrapersonal, Natural, ama kinestetik.…wiww

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s