Buku untuk Pemula

imageKalo liat simbol – simbol kayak gini kamu bakalan tahu deh ini buku spesialisasinya siapa? (apalagi yang sering kepo). Yang khas dari buku – buku terbitan mereka, di judulnya pasti ada …for dummies.

Dulu ketika sekolah masih berseragam dan mesti nyetrika dulu sebelum di pake, masih sering nyari buku mereka terutama tentang IT ama bahasa pemrograman gitu. Trus pas udah SMA (aliyah) mulai beralih pokus buat sering baca buku series Schaums Outlines. yang sampulnya kombinasi kuning merah putih itu tuh!!.

 

 

 

Fig 117. Penampakan Buku Schaum’s

 

 

 

Nah, apa cocok buku ini buat anak kuliahan?. Btw, buku – buku yang berinisial …. for dummies dengan backgorund halaman depan warna hitam (selalu) itu isinya masih full bahasa inggris, kontennya emang bener – bener dari dasar banget. Dan, lebih banyak konten yang menjelaskan berdasar contoh yang pernah ada (populer).

Kalo sekarang yang jadi contoh bacaanya

 

yaitu buku Weather for dummies karangan pak John D. Cox. Awalnya nyari buku ini gegara kecewa nggak nemu buku yang asyik dan menyenangkan dibidang yang sama (cuaca) dalam bahasa Indonesia (bukan terjemahan). Kalo buku lokal itu kebanyakan isinya suatu hal yang nggak kekininan, teori fisika alamnya tanpa diberi contoh gejala alamnya, bahasanya masayallah “kaku” seperti buku teks yang terpendam di gudang dan baru ketemu sekarang 2015, jadi sepertinya emang yang dari semester 1 blajar kalkulus dan klimatologi-meteorologi yang bakal ngeh, walau ragu juga apakah mereka suka. Kembali ke bahasan buku ini, tujuan untuk mempelajari topik tentang cuaca, karena lagi nyari pendukung ilmu buat skripsi dan ada amanah buat melajarin ilmu ini. Dan, ternyata di halaman buku rekomendasi buku buat dibaca ama Bill Gates ni cover buku terpampang juga di webnya. Langsung deh ngliat review-nya di google book.

Kekuranganya, ya tetep mahal di transport. Harap maklum kemarin pas mau beli versi digital di play store dengan kurs dollar skitar 13,4K rupiah itu kerasa berat, tapi masih bisa diakalin dengan mengurangi jatah makan. Eh pas udah mantep mau beli, kursnya udah 14K rupiah per dolar. Pas di cek di Barnes & noble 14, sekian dollar, versi Kindle 13,99 dollar, dan di amazon 205K rupiah sekian. Agak mahal emang.

 

kemudian hening

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s