Berbagai Macam Mulsa yang Bisai di Peke Nanem

 

Buku yang kemarin masih dibaca, yang itu tuh The Organic Gardener. Kali ini bahasanya udah mulai berkembang dan kearah teknis ya, nggak tentang pengertian dan penjelesan pake tulisan fiksi.

Oke

Kali ini pengen membahas Mulsa. Apa itu mulsa? Mulsa pengertianya yaitu bahan yang digunakan untuk menutup tanah di sekitar tanaman utama dengan tujuan utama mencegah pertumbuhan gulma, kemudian tujuan selanjutnya (skunder) yaitu menjaga suhu permukaan tanah hangat pada musim dingin (kalo di negara empat musim atau datarang tinggi >800 mdpl) dan sejuk pada musim panas, mencegah percikan air hujan yang membawa spora/mikroba tanah menginfeksi tanah, dan mencegah penguapan air tanah (evaporasi), dan tentunya menghemat tenaga buat mupuk – mupuk lagi (karna sekali pupuk).

Nah, mulsa dibedakan menjadi 2 jenis berdasar bahan pembuatanya: sintetik dan alami.

image

Fig 116. Berbagai jenis mulsa. Hal. 39 The Organic Gardener

Tapi juga ada jenis mulsa yang kaya’ gini:

image

Jadi dia nggunain rumput taman supaya rumput lain (gulma) nggak tumbuh di situ. Dan, teknik ini dipake yang pas buat tanaman taman.

Skian dari buku dan deskripsi saya. Nuhun

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s