Buku Fotografi “Buku Jogja”

     Ketertarikan akan sebuah buku pada umumnya oleh sebagian banyak orang dengan tipe dan spesies “anak kosan” biotipe 1 adalah dengan indikator pertama dan utamanya adalah “murah”. Lebih murah, harga turun, diskon libur nasional, buku bekas atau nunggu pinjeman (you know well lah!). Tapi kalo sudah berbicara buku photography ?!. Here’s nothing cheap sob!. Butuh waktu bertahun – tahun sebelum buku tersebut memang ada sisa – sisa buku yang tidak terjual sesuai target pasar atau bisa dianggap cuci gudang (nggak pake sabun).

          Buku berjudul “Buku Jogja” ini awalnya tertarik karena dijual bukan dari toko – toko fisik atau online ternama, tapi dijual perseorangan oleh seorang account facebook-er bernama Mas Boy T. Harjanto dengan harga miring dan di situ banyak nampilih foto – foto yang Pro !. Dan emang pikiran pertama ketika sudah membeli adalah terima nasib jika nanti konten buku bakal cuman foto kecil di pojok atas dengan banyak “bacotan” berupa tulisan – tulisan ala wartawan yang lagi nulis di koran gitu, apalagi waktu itu beli langsung 2 buku (dengan judul yang berbeda). Maklum korban pembeli buku traveler yang dicetak di kertas biasa. #ehm

       Buku ini memang dicetak dan dijual secara pribadi dengan artian tidak nitip ditokokan (monetized). Tapi kualitas kertas dan cara mencetaknya (print) nggak sembrono dongs. Kertasnya kertas foto nggak lengket, pake kertas yang lentur dan tebel, gambarnya nggak bintik – bintik kaya’ printer buat nyetak cover skripsi. Pokoknya nggak kalah deh ama foto di buku – bukunya Scott Kelby, Darwis Triadi, Majalah NatGeo, Buku fotografi “World Press 13” (soalnya cman tahun itu doang yang beli), ataupun buku-buku fotografi terbitan Kompas Gramedia (I’m sure!).

     Di buku berjudul lengkap “Buku Jogja, Mt. Merapi dan Kelud” ini foto – fotonya dibagi ke dalam beberapa bab dengan katagori khas masing – masing. Pemeran utama di sini merupakan para pelaku “Human interest” dan pemeran pendamping adalah photo landscape.

Berikut secuplik foto dalam buku yang ane jepret pake kamera Hp

image

Fig 110. Ini foto yang paling kuat dan menguras emosi menurut gue. Berkisah tentang rebutan sedekah ramadhan di Ngasem, Jogja menjelang riyoyo fitri (hal. 20-21)

image

Fig 111. Ini kalo yang sering ikutan kampanye tapi sering kecapean setelahnya (kepilih) (hal. 36-37)

image

Fig 112. and this is one Heaven in Indonesia ukht (hal. 58-59)

Cara menikmati foto adalah  mencetaknya full dengan sedikit deskripsi, dan begitulah buku foto ini di cetak!.

Penulis dan account Fb: Boy T. Harjanto

Dimensi Buku      : 15,5 x 20,5 cm (sekuran novel pada umumnya)

Jumlah halaman : 112 halaman + 3 foto di cover

Tanggal cetak     : 23 Desember 2014

Penerbit              : Self Publishing

Harga                    : 50K + 30K (ongkos kirim dari Solo ke Jatinangor),    harga ini sama jika kita membeli 3 buku sekaligus

Cover                   :

image

© photo by. Boy T. Harjanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s