25–Mei–2013: Packaging….

        Tampilan bisa merubah semuanya, inilah prinsip penjualan moderen. Pemakaian baju pada sebuah prodak tentu akan menambah daya tarik konsumen. Selain tentunya fungsi utama dari pengemasan adalah melindungi barang agar teteap utuh tentunya kemasan bisa mempengaruhi harga dengan sangat – amat tajam.

      Di sini kita bertindak sebagai produk pertanian yang terkenal mudah basi dan rusak jika diangkut – angkut tanpa cooling storage. Namun, sejarah pengemasan memang bukan hanya disadari hari ini bukan! bahkan sejak zaman sebelum masehi sudah ada pengemasan mayat (baca: peti). Nah, sekarang dimana kekuatan akan ide dan semangat mengemas produk – produk pertanian kita?!. Salah satu kuncina ada masing – masing saku para mahasiswa pertanian. Apakah kita hanya tetap mengejek – ejek disetiap kelas dengan dunia pertanian yang kolod, inefisiensi tinggi, serba bermasalah ini – itu, dan terus meneriakan subsidi yang kita sendiri hampir setiap hari malah membeli daging impor, roti impor (gandum), buah impor?!

     Tanah air ini jantung kita tanah tumpah darah bumi pertiwi, orientasi dunia masing – masing orang boleh beda. Tapi jangan keterlaluan. Petani – petani di kita itu pintar – pintar cuman mereka tidak mengejar kekayaan (red: berlebihan) tapi intinya cukup untuk kebutuhan pokok, menyalahkan dunia per-properti-an tidak bijak cuman harga bangunan lebih menjanjikan dari pada produk pertanian untuk hari sekarang.

   Insyallah pasti bisa, kita butuh kesatuan arah berfikir dan meledak besar – besaran (dalam artian tersisat) untuk melakukan perubahan dan penyetabilan (baca: istiqomah) perihal tentang pertanian, baik itu di desa, di kota, Jakarta, Indonesia Timur, di kampus, di kelas – kelas, di mulut, hingga di arah kebijakan.

#I_We

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s