Ketemu Bipolaris

1

Fig 95. Bipolaris Sp. dari tanaman jagung.

Source: BALITSEREAL, photo by. magungh

         Indahnya ketika melakukan isolasi patogen pada media adalah tidak kontaminasi. Udah itu aja. Skian tulisan kali ini, bermanaat dong harusnya info ini. haha…

       Ok2, sarat apa yang mesti ditempuh nih buat bebas dari kontam (benda lain) atau minimal ada kontam tapi tetep keliat apa yang kita cari dari isolat itu. Pertama, baca manual atau panduan penggunaan alat-alat lab. Macam Laminar flow, Ose, Antiseptik tools (alkohol, akuades). Kedua, pelajari jenis – jenis pertumbuhan patogen terkait, biar tau tanda (sign) dari patogennya yang ingin di isolasi. Kalo fungi kan jelas tuh biasanya hifanya kaya akar yang banyak rambut-rambut halus gitu. Ketiga, perhatiin ama amati yang udah ahli (asal, jangan salah fokus aja sih…hh).

       Take care and don’t be too excuse….for youself

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s