Menuju Balitsereal

             Mau naik pesawat tiketnya dua kali lipat ama kapal laut. Tiket pesawat berkisar 490 ribu keatas sekali terbang dari Bandara Juanda Surabaya hingga Bandara Hasanudin Makassar. Sementara Kapal laut (tentunya kelas ekonomi) berkisar 280 ribu sekali jalan. Perbedaan waktu juga mencolok sih, pesawat 2 jam nyampe, kapal laut naikin tangga+nyampek tujuan 25 jam. Tapi emang jangan salah sangka BALITSEREAL sekali-kalinya bukanlah daerah yang dekat dengan Makassar. Walaupun sama-sama Sulawesi selatan dan panas tentunya (hehe…) mereka adalah dua hal yang berbeda, Maros dan Ibu kota Sulawesi selatan. Dan juga jangan percaya ama google maps kalo mau nyari Balitsereal ini, 100% pasti salah. Soalny jika di google maps jalan Dr.  Ratulangi hanya 8 menit dari pelabuhan Makassar, ternyata jaraknya yang benar adalah 30 KM lebih. (pengalamn pribadi).

           Nah untuk sampai di sini lebih selamat dan cepat mesti gimana berarti? Tanya pada supir angkot (kalo disini nama pete-pete), kalo tanya pada orang sini kurang tau biasanya apalagi orang kota yang biasa naik kendaraan pribadi, makin disaranin naik taksi (anak kos menjerit….).

Ini nih saran saya jika mau ke BALITSEREAL berdasarkan urutan prioritas ketebalan dompet.haha..

PELABUHAN MAKASSAR

Cuma punya 20 ribu. Kalo dari pelabuhan jalan keluar sedikit nanti ada angkot warna biru, tanya aja mau ke Maros nggk? biasanya akan suffle dua kali, ke Makassar lalu ke Maros. Jangan taku buat tanya, walaupun bahasanya agak tegas, tapi itu cuman ucapan aja kok…

Punya 50 ribu. Ojek lumayan canggih disini, gaya ngomongya cukup menyakinkan untuk menarik perhatian jika keluar dari pelabuhan, dengan angka nominal kesepakatan  awal 20 ribu nanti ketika sampai tujuan bisa ratusan ribu, jadi hati-hati ama ojek, pastikan harga dan kesepatan diyakinkan terus, tanyain berkali-kali aja.

200 ribu. Ini ketika pertama banget keluar dari pintu pelabuhan pasti dijemput ama tukang taksi. Penawaran pertama bisa 300. nggk tau kalo bisa lebih murah (belum pernah soalnya).

BANDARA HASANUDIN

Jika dari bandara. Kalo dari bandara emang dekat ni Allepolea, kelurahan Balitsereal berada. Naik angkot + bus bandara atau ojek bisa sampai dengan uang yang insyallah nggak lebih dari 50 ribu. Tapi tetep jika berurusan ama ojek, pastiin harganya hingga akhir tujuan, soalnya agak mengancam kalo harga akhir nggak cocok, dan itu baru diberi tahu ketika sampai tujuan. Ok.

CAM00437

Fig 94. Peta lokasi kawasan BALITSERAL, Maros Baru, Maros, Sulawesi Selatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s