Backwards

           Gara-gara heran ada hadiah nobel yang dikususuin buat karya sastra, akhirnya buru-buru langsung nyoba nyari bukunya di internet. Mo Yan namanya dengan tulisan yang paling terkenal adalah “Red Sorghum”. Kalo nggak salah ketemunya ni buku taunya dari pak Dahlan Iskan yang lagi nulis Hope-nya tiap senin dan berketepatan beliau lagi baca buku ini. Ketika mencoba mencari bukunya lewat internet ternyata amat. Dan baru nyadar nyarinya pake keyword Indonesia, ya nggak ada dong! dan emang belum di terjemahin pula (yang pada akhirnya 2014 di ambil sama Serambi). Alhamdulillah dapet novel ini ketika mau beli novel lain, nggak maen-maen dapet ni novel nggak di Nangor atau di Bandung tapi Surabaya euy…Wih sok benget.

       Udah hampir seminggu baca buku Sorgum Merah ini, entah emang terjemahanya yang kurang mantap atau masalah selera dengan panitia hadiah nobel sastra mengingat ada karya sastra yang lebih kuat dan nobel, Sebut saja Roman “Rumah kaca”. Beda keduanya nggak 11-duabelas tapi jauh dari kekuatan cerita, runtutan fiksi yang mengajak pembaca, selera dendam untuk kemerdekaan yang kurang juga. Tapi entah juga sih, apakah ada kriteria khusus untuk penghadiahan nobel itu untuk orang yang masih hidup atau negara yang lebih tinggi ekonominya (baca: maju). I don’t know Sir..

rumah-kaca

Fig 89. Cover Buku terakhir tetralogi Bumi Manusia “Rumah Kaca”

      Bukan bermaksud membanding – bandingkan mana yang lebih baik, soalnya semuanya sama-sama karya sastra yang bagus. Tapi kenapa mesti kesana ?! Oke deh, cukup. Mungkin suatu hari ada saat yang pas untuk Nobel sastra buat anak negri. Insyallah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s