The firm–Novel

        Setelah seminggu di tempat magang dan ditemani buku-buku disetiap istirahatnya. Saatnya untuk bercerita tentang buku fiksi yang baru habis kemarin, buku karangan Pak Grisham “The Firm”.

        IMG_1335

Fig 85. Halaman depan The Firm terbitan Gramedia tahun 1993, abis difilem-in juga nih, tuh ada Tim Cruise ceunah

Seperti biasanya kalo sebuah cerita super hero ada dong tokoh utama yang berjuang untuk membela kebenaran, yap. Untuk tokoh disini diisi oleh Mitch McDeere, lulusan terbaik dalam lima besar dari sarjana hukum Harvard, yang jelas joss. Pas keluar-keluar langsung di tawari jadi pengacara pajak (sesuai minat studinya) di biro hukum Bendini, Lambert & Lock . Dengan diiming-imingi berbagai fasilitas hidup yang exlusif (dan emang benar, nanti baca sendiri di chapter awal kalo nggk percaya), mulai dari rumah mewah, mobil BMW terbaru saat mulai masuk yang boleh dipilih sendiri warnanya, hingga keamanan berumah tangga yang dijamin sama perusahaan. Nggak nggiurin gimana coba!. Ditambahn lagi yang ngajakin masuk itu si Lambar, Oliver Lambar senior disana dan udah jadi sesepuh deh pokoknya bagi para partner pengacara di Bandini.

           Kalo para pengacara awal itu kalo nggk salah disebut associate dan pekerjaan mereka masih ngikut sama pengacara (macem asisten gitu) yang udah partner . Nah, si Mitch ini ngikut jadi pengcara yang partner  yang kurang dia sukai sbenernya, tapi dia nanti pada akhirnya sangat membantu berbagai hal tentang pekerjaan si Mitch, termasuk hingga acara tragis biro hukum di kota kecil nan sepi,Memphis ini.

        Jam terbang tambahan bisa dibilang lembur Mitch lumayan besar lebih dari 12 jam perharinya, yang tentunya bisa dikonversi jadi gaji dong. Dari sini juga yang membuat hubungan dengan istrinya meregang, tapi ini ternyata juga termasuk mengalih gayakan isi si penuli supaya kita bener-bener percaya sama keadaan si Abby (istri mitch), eh ternyata itu buat terkejut sendiri sama persengkongkolan keduanya untuk bener-bener bebas dari ke-setres-an di biro hukum yang ternyata dibawah kendali mafia pajak, tukang cuci uang kotor para pengacaranya (walaupun nggak lebih dari 40 pengacara), dan musuh FBI sejak lama.

     Masih banyak sih ceritanya, cuman nggk tega kalo semuanya diceritakan disini. Takutnya nggk ada lagi keseruan yang bisa dibaca lagi, jadi nggk seru kan..! hehe.. Ni buku cocok dibaca buat akhir pekan liburan seperti ini, cuman direkomendasiin untuk dibaca bagi usia mahasiswa, soalnya isinya terlalu kritis, dan bahasa pengacara gitu-gitu. try it!

tf

Fig 86. Kalo mau nyari di toko, ini nih sampul edisi terbarunya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s