Mosque from Motor ship (KM. LABOBAR)

IMG_1202

Fig 84. Suasana para penumpang yang lagi menunggu tempat wudu dibuka buat persiapan jumatan

     Nah, kali ini beda sob. Ini bukan kapal pesiar mewah ala abu dabi atau kapal berkelas ala titanic yang bisa dipake buat macem-macem acara party. We called KM. LABOBAR. Mayoritas diisi sama penumpang kelas ekonomi, taulah berapa lebih murah tiketnya..hehe. Ditambah dari tujuh dek yang ada di kapal itu 4 dek itu isinya penumpang biasa alias ekonomi sob (semoga nggak salah data).

      Topiknya kali ini mau berbagi pengalaman waktu mau sholat 5 waktu di kapal lintas pulau ini. Kalo belum pernah naik kapal laut apalagi jarak jauh tingkat samudra tentu nggk bayangin dong mau solat dimana?!. Pasti mikirnya gampang-gampang aja kalo solat mah, kan banyak ruksoh atau kemudahan kalo lagi berkenderaan.  Nah,  kalo lagi jalan pake kapal ini, mulai sholat magrib-subuh-zuhur (soalnya berangkat abis ashar (waktu Surabaya) kita diingetin jadwal solatnya sama sekalian ngajak jamaah, yang tentunya nanti di jamak qosor biasanya, ya walaupun baru sanggup ke masjid waktu solat jumat doang karena haru bertarung ama mabuk laut. Kalo di KM. Labobar ini masjidnya ada di dek paling atas “7” jadi kebayang dong skalian jalan- skalian liat pemandangan lau lepas yang maknyuss. Cman kondisi saat itu, ketersediaan air buat wudu nggak semanis jatah air buat kamar mandi yang lancar jaya bahkan buat mandi. Dari sekitar 10 kran air yang bisa kepake bener-bener nggk lebih dari 4 kran aja, ya mau gimana lagi. Btw, masjid yang bernama Assafiinah ini bagus juga, rak sandal/sepatu, ada lemari Al-Qur’an, tabel uang keluar masuk, dan sajadahnya yang bersih dengan ruangan segar. Open-mouthed smile

IMG_1201

    Fig 85. Nama masjidnya Assafiinah, terletak di dek 7 bagian belakang luar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s