Meneladani UAS

         Entah kenapa pas hari jum’at kemarin baru ngerasaain mujarabnya membaca diktat kuliah (jadi selama ini/…..?!R&^%*^((&))).!!  Eh, bukan begitu maksudnya (walau kadang –kadang atau sering bener sih)..!! Ok, balik ke topik tentang meneladani UAS. Emang UAS sebelumnya teras kurang gimana gitu untuk matkul di prodi ini, entah kurang belajarnya, kurang doanya, atau emang bawaan males dunia akhirat yang ngeganjel nih UAS. Kan terkenal tuh kalo anak eksak suruh ngerjain bahan kuliah anak sosial-politik. Okelah kalo emang passionya disitu. Tapi kalo udah 90% matakuliah yang diambil berupa eksak trus ngerjain yang sosio-pol!? tuh rasain lho!, pasti banyak ngeluh, ni materi banyak banget, mana ngehafalin undang-undang, perda, kajian masalah pertanian di daerah, ngerumusin teori, tapi terkadang ada studi kasus sih yang bisa ngebuat otak seger.

        Ceritanya gini, kan UAS jumat itu spesial dari prodi agribisnis, tentang komunikasi dan pembangunan pertanian. Tau nggak kalo bahannya diambil dari kebijakan dan langkah-langkah tepat pemerintahan masa-masa sekarang ini, ditambah dari kumpulan makalah yang dibuat sama temen-temen kelompok. Maknyus deh.

         Walaupun tetep ada teori, tapi apa sih yang lumayan ngebantu dalam UAS agribisnis ini!? Baca Koran tiap pagi sob!. ENak aja sih pas kemarin ngisi jawaban, asa ngalir wee. Ya, walaupun nggak tau 100%sih ni jawaban tepat sasaran atau nyampah di lembar soal. Tapi gitu, puas banget sama jawaban dan biasanya kalo udah nulis nggak mau tuh baca buat ngoreksi, kali ini beda Agak lebih berani untuk menny-scan ulang jawaban (walaupun tulisanya luar biasa bergelombangnya..haha).

        Intinya sih, perkiraan gue rata-rata dosen (yang ngebaca ) ngeliat data aktual selain dari data BPS per-sepuluh tahun terdekat juga dari info di media masa yang setiap pagi mengalir, terutama dari KORAN CETAK. (maklum ya nggk semua melek teknologi maya/digital).

      ASlinya sih nggk harus baca koran cetak, berita aktual bisa banget didapat lewat akun twitter/facebook media massa resminya. Ya, untuk yang berbahasa Indonesia bisa dari KOMPAS, TEMPO, DETIK.COM, JAWA POS, etc. Berita-berita tersebut selain nguatin pengetahuan aktual tentang pertanian nasional juga insyallah menggali ide untuk pertanian yang jelas lebih baik nan indah kedepan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s