Ternyata elo udah 2 abad

         Smoga ane nggak ngelamun pas penyampaian dokumentasi perjalanya Ustad Don Hasman di gunung aktif purba Tambora. Walaupun telat 1 jam lebih dari awal acara tapi semangat susur jejak peradaban Tambora masih membara. Gaya presentasinya khas, pake foto-foto terapik dari Pak Don dan kawan-kawan yang kata pak Don sekalinya perjalanan siap-siap untuk 2000-5000 frame foto…Wowow.

         Usia terakhir letusan maha dasyat Tambora pada 11 April 1815 yang tentunya diawali sama erupsi-erupsi yang menyerupai wedus gembel. Kalo berkunjung kesana ada sisa kaldera letusan tersebut, luas banget sob (sori nggk nyampek fotonya kemarin).

        Acara dokumentasi perjalanan kemarin yang ke Tambora pak Don di selenggarakan di EIGER shop di bandung Jl. Sumatera No. 23, Rame bangett ternyata, walaupun diadain di emperan depan toko.

        Hasil ta’lim dengan Pak Don kemarin emang agak ngeri-ngeri sedep. Ngeri sejarah efek letusanya juga perjalanan 2 hari (jalur utara tercepat dan ter-enak katanya) dari bawah nyampek bibir kaldera. Gini sob, efek dari letusan Tambora 200 tahun silam itu ada bekasnya, yaitu lontara batuan beku dari kecil sampek segede kosan elo terlempar jauh dari bibir kaldera. Tebal debunya aja ngelenyapin kerajaan di sana dengan tebal debu 2 – 3 meter, waduh. Kalo tentang perjalananya sih pak Don udah ngerekomendasiin siapa – siapa aja yang mesti dihubungin, cuman gue kurang ngedenger namanya (jadi sori nggk dicantumin, takut salah). Intinya sih jangan pernah pake porter, tapi ajak temen-temen mapala setempat. Enaknya mereka udah kaya sehati gitu, dari kejujuranya tentang logistik hingga transportasi. Konon di bibir kaldera seCAM00085belah utara Pak Don nemuin batang edelwis yang segede paha yang tentunya jika diperkirakan untuk tumbuh sebesar itu butuh waktu 250 tahun lebih (lihat edelwis di papandayan).

   Nah dari segi pertanian, kata beliau juga ni abu juga nyumbang kesuburan pertanian di wilayah setempat hingga Bali. Daerah Sambori terwarisi dengan tanah subur untuk tanaman padi.

 

Fig 70. Bincang-bincang dengan Pak Don Hasman

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s