Tanaman farma

         Sebenernya apa ya intinya dari belajar farmasi itu?. Kadang kalo ngeliat mahasiswa dari fakultas tetangga itu berangkat pagi-pagi (jam 7 kurang) pulang sore bahkan udah gelap sambil bawa kotak perlengkapan praktikum, bikin iri sama effortnya.

        Kemarin ada kuliah bersama dengan seorang profesor dari fakultas tersebut, Nmanya Prof. Sidiq, Apt. Ahli tanaman curcuma dan guru besar. Walaupun kurang tertarik ama kekayaanya tapi yang keren adalah 4 paten yang dimiliki beliau.

         Kadang agak geli juga ketika ngeliat potensi tanaman obat (fitofarmaka) yang luarbiasa untuk dunia medis di Indonesia ini, semisal Kanker serviks bisa menggunakan ramuan dari tanaman cakar ayam.

        Kalo Prof. Sidiq bilang, senyawa ramuan hasil dari tanamana itu adalah senyawan kimia asli buatan Tuhan. Ya, walaupun hingga hari ini kita sebagai makhluk Indonesia, pemerintahnya 99% obat yang beredar adalah impor!.

        Ya, mau dikata apa lagi kan. Matakuliah untuk tanaman obat juga nggak ada di Fakultas Pertanian disini. Jadi, mahasiswa mesti out of the boxing, dan emang berat kalo penelitian dari swadaya sendiri kan, makanya nggak bisa sekedar tuh out of the box!. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s