Debat aja dilombain

           Pernah tau kan lomba debat, ya. Mirip kaya ibu-ibu ala pialang benda antik lagi beli sayur ke emang-emang tiap pagi di pasar. Tapi kalo debat ini beda coy, lebih elegan, teratur, formal, dan lebih indah. Dan jangan salah para pemainya bukan sembarang orang bro, alus pisan pokoknya.  And I called them Mahasiswa. 

              Lomba debat 09-November-2014 di UNPAD kali ini diadaain sama temen-temen keilmuan BEM. Masuk juga dalam rangkaian lomba Padjadjaran Berprestasi 2014. Lomba debat ini sekali lagi bukan ajang mengadu domba para mahasiswa dengan berdebat aja nggak jelas pake emosi dan otak kosong, tapi lebih tentang mempertahanin argumen berdasarkan data dan fakta dari para perwakilan mahasiswa dari tiap-tiap fakultas. Kecakapan berbicara dan keluasan akan ilmu tentang tema yang diberikan menjadi penilaian yang tinggi. Ya walaupun boleh ngawur ketika melakukan manuver dengan lawanya, tapi sayaratnya lawanya nggak tau kalo lagi ngawur. Hahaha…..

              Walaupun dalam lomba debat penuh drama dan ledakan emosi idealis, jangan lewatkan untuk melihat atau sekedar menengok bagaimana mereka bertarung di meja kotak (bukan bulat). Karena ketika pertandingan adalah sebuah rancangan kebencian atau kesukaan akan tema bukan dari pilihan sendiri, tapi dipilihin sama panitia. Nyesek emang. Tapi itu menariknya, jadi mereka akan mencari bahan dan mempalajari teknik pemilihan gestur untuk melumpuhkan lawan secara telak, atau minimal kehabisan kata-kata dan waktu deh.

             Nah, nggak tau nih gimana besok, jadi pendiam atau menjadi percerocos yang siap menyakitin hati siapapun yang akan menjadi lawan (smoga nggak sih). Jadi, Be there bro…sis…at FISIP Gd. B

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s