Kompetensi lari pagi (emang ada?)

       Biasanya kalo lari dari hari – kehari udah terasa tuh tubuh udah mulai nyesuaiin dan semakin tahan nafas dengan jarak tempuh yang bertambah pula. Nah, apa aja nih kompetisi dasar buat jadi indikator tubuh udah mulai nyesuaiin dengan lari kita, walaupun ini pengalaman pribadi semoga bisa memberi gambaran.!!

1. Ketahanan fisik

    Udah kebayangkan kondisi tubuh mulai dari awal lari yang ngos-ngosan dan seperti nggak mungkin aja kalo lari sejauh itu lama – lama yaa sekitar seminggu rutin tau – tau udah nyentuh 5 Km dalam waktu nggk lebih dari 30’ (baca menit)!. Dikit – dikit asal ajeg, lebih baik bertahap kalo lari tapi juga tetep disiplin y!.

2. Mental yang terasah

    Biasa kan kalo pas lari banyak tuh yang lari, kalo nggak dibiasain juga kadang sering muncul minder, si itu kok nggak capek-capek sih, si itu kok lambat sih, si itu kok punya speedometer sih, si itu kok ini itu……dst. Sadar nggak sadar biasanya perasaan seperti itu muncul dan sering juda (untuk pemula) mempengaruhi aliran detak jantung yang akhirnya mengurangi energi buat lari, ya mirip kalo kita belajar dan nggak fokus gitu. Tapi hal ini bisa dihindari kok, yaitu dengan berlatih. Tetep!

3. Disiplin waktu

        Nah, kalo ini tentang komitmen waktu, mesti dibiasaain dan dirutinin, di poin ini mencakup dua poin sebelumnya sekaligus tulang punggung tercapainya program lari kita supaya berhasil dengan hikmat dan nikmat. OK

vvvv

    Fig 2. Papan pertandingan Voli (source: Haikyuu! eps. 21)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s