Matakuliah “PHp t” (Seriusss…!)

           Pernah di galauin sama tanaman? pernah tanaman yang ditanem di halaman yang pake pot disiram tiap detik (eh…) tiba – tiba berwarna nggak jelas dan pertumbuhanya kaco!? yah itulah tugasnya si hama dan penyakit pada tanaman. Emang sih didominasi makhluk – makhluk yang kecilnya lebih kecil dari uang seratusan logam tuh.! Ribet juga kalo mau nyingkirin satu – satu, ya kalo yang nyerang ordo ortoptera atau lepidoptera, kalo kutu2an? puyeng nya!

         Tapi tenang aja sekarang kami lagi belajar nih tentang pengendalian perusak tanaman secara terpadu nggak grusa – grusu, bijaksana, dan bijaksini! Di matakuliah semester lima ini.

       Walau masih menekankan pada ba’da emergence, tetep memperhitungkan pada kemungkinan – kemungkinan yang akibat serangan hama atau penyakit pada tanaman kita nggak ngerusak sampek kita rugi berat abis menghitung modal, uang penjualan, dan utang sana-sini. Jadi ini memperhatikan banget akan efektifitas perekonomian dan tentu dunia bisnis. OK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s