tren pertanian nggak terlalu butuh tanah

tren pertanian kita nanti nggak terlalu buuh tanah sob!!. Tapi tetep butuh luasan lahan

    Emang beda? butuh tanah, butuh satuan luas lahan?. Iya sob, gini tanah nanti bukanlah jadi MEDIA TANAM Primer buat tanaman penghasil produk pokok pangan kita. Tetep seperti yang sudah – sudah, untuk media tanam tanah itu hal – hal yang nggak kekontrol itu lumayan gede jika dikonversiin ke angka apalagi ekonomi. Hama-penyakit, sumber benih gulma yang nggak diundang (loh…!) apalagi daya serap dan daya tampung air yang begitu ada data yang gampang untuk di dapat (perlu analisis lap bertahap sob!).

     Jadi gimana selanjutnya? Tanah tetep di pake hanya saja bukan tempat tumbuh akar tanaman, melainkan alas ruang budidaya terkendali yang selama ini kita kenal (di Indonesia) ada hidroponik, aeroponik, dan campuran sedikit hidroponik dan media padat.

    Kesimpulanya sih, emang siap – siap aja nanti kalo membuat bangunan jangan tuh semua lahan di bangunin sak penak,e dewe ! anggari buat nanem, sok kalau mau pake metode penanaman yang manapun, mau pake tanah, air, udara, (asa mirip avatar nya! hehe), atau gel bekas pempers bayi, Loh, emang bisa?! Untuk tahapan penggunaan media pempers masih tahap pengembangan sih, kalo prinsipnya sama dengan gel yang dipakai buat media tanam yang biasa dari ampas tebu tuh!.fgb

   Isi pempers berupa gel yang udah kecampur produk metabolisme, watawww 

      Ya, semoga di semester lima ini, ada kesimpulan yang di dapetin dari gel si pempers ini, luamyan lo…gel pempers itu bisa nahan air 30kali lipat berat kering gelnya..wiwww.

NEXT-Search

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s