Kelas bisa Jadi preparat Pemerintahan adil2

Demokrasi populer atau lebih tepatkan di populerkan oleh Abraham Lincoln dari amerika sono yang terkenal jargonya yaitu, from peopel, to poeple, for people (koreksi kalau salah). Hanya saja di bumi pertiwi demokrasi banyak macamnya (tidak tau kalau di amerika gimana). Dari terpimpin, Islam, Orba, Orla, Pancasila, bahkan sekarang demokrasi di identikan dengan suara pers sebebas – bebasnya (koreksi kalau salah y).

Nah, dalam pandangan pemerintahan tentu demokrasi tidak lepas dari yang namanya politik, kepentingan, atau kedua – duana. Tapi tenang, nggak masalah kalau lembaga eksekutif, legislatif dari pemerintah, negara, hingga kampus lekat dengan yang namanya politik dan kepentingan. Masih ada people atau masyarakat yang masih punya identitas Nusantara, masih ada ta’mir masjid, DKM di dalam masjid. Masih ada kelas di dalam kampus (lho…hubunganya??).

Beberapa hal yang membuat kita sering berdebat (Omd0) karena kita tidak lega dengan hati kita, tidak tercapainya kesatuan fikiran (minjam istilah dari temen-temen maiyah), dan beberapa faktor lain. Menang tanpo ngasorake menang tanpa merendahkan bro, kesatuan fikiran bisa dibentuk dari dalam kelas, dari sebuah ruangan kotak menuju perubahan yang nyata. Potensi fikiran dan tenaga yang masih fresh ada depan mata, hanya saja kita terlalu lama melihat hal – hal yang su’un dari berbagai hal di atas sana (kebijakan pusat) Dekanat, Rektorat, hingga Negara sementara menguranig penglihatan akan “keluarga”.

Kelas memang masih di identikan dengan proses belajar – mengajar akademik di TK – Mahasiswa. Hanya saja dari sini sepertinya kita akan mampu membentuk perubahan itu. Waktu memang perlu, tapi pondasi itu tidak kalah lebih pentingnya. Masa depan generasi selanjutnya tidak seharusnya melanjutkan ketidak jelasan akademik, tapi adalah menambah, menginovasi, dan menganalisis akademik (seharusnya).

576150_3694290241220_1675629284_n

Foto 2012, Punten nya tos poho nami batur2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s