13 – Mei – 2013: Petani dan keturunanya

      Lahan menanam padi memang becek untuk memacu fase pertumbuhan vegetatifnya. Pak Petani menyebut ini supaya cepat tumbuh dan bermalai. Inilah sepercik teknologi intiuisi Pak Petani dan Keluarganya. Ilmu pak Tani dari kebiasaan dan pengalaman yang oleh akademisi disebut kehebatan tersendiri, Pak Tani melihat dan menilai setiap perubahan – perubahan berdasarkan kebiasaan tiap tanam yang oleh akademisi disebut analisis.

       Permasalahan di dunia pertanian cenderung itu-itu saja, adapun yang baru hanya saja menuntut akan kreativitas, termasuk pengelolaan hama dan rekayasa tanaman. Awal permasalahan pertanian adalah ketika berpindah kiblat, dari kiblat pemenuhan makanan sehari – hari (khas lokal) menjadi kiblat menjadi pemenuhan kekayaan (kapitalisasi).

        Ketika Orang tua tidak ingin anak keturunaya ikut menjadi petani dan supaya nasib mereka lebih baik dari orang tuanya ,adalah sebuah respons konkrit dari ketidak kreatifan pertanian kita. Apalagi ketik orang tua mereka bukan orang yang dekat dengan pertanian?. Jika kita garis dari data – data pertanian selama ini, pertanian selalu diidentikan dengan utung rugi bukan pemenuhan dan penyejahteraan secara luas.  Ditambah lagi BPS memamerkan datanya yang berupa angka kemiskinan yang sangat condong ke dunia pertanian tanpa melihat indeks kebahagian kehidupanya dari para pekerja di profesi pertanian.

      Mungkin pada suatu hari nanti ketika kita mempunyai pendapatan per kapita 50,000$/tahuan kita bisa melakukan pertanian secara manusiawi. Saling menjaga lahan, merawat bersama tanaman, dan menjaga supaya hasil lokal lebih baik kualitas dan kuantitasnya. Usaha kita (akademis) boleh sedkit asal konkrit.OK!

#goes to Kampar, Pekanbaru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s