08-Mar-2013: 16 Jam lapangan untuk Mahasiswa

 

    Keterkaitan aspek kependudukan, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan pertanian

Kasus: laju pertumbuhan penduduk selama satu dekade terakhir naik 1,49 % (BPS,2010), sementara nilai per kapita kita jug naik……………. dengan sektor – sektor unggulanya bukan sektor pertanian rakyat. Untuk perkembangan jumlah lahan di Indonesia di jawa mengalami penyempitan namun ada usaha – usaha untuk memperluas lahan di luar jawa.      
    Masalah: Jika sebuah masyarakat dengan penduduk yang ekonominya mulai tumbuh dengan tren sekarang (cepat untung cepat kaya), maka fungsi tanah bisa bernilai lebih dalam menghasilkan uang dengan mengalih fungsikan lahan menjadi bangunan – bangunan diatasanya, dan dapat dipastikan bidang pertanian akan semakin menyempit dengan perhitungan keuntungan cepat lebih pasti dari pada menanaminya. Munculnya orang – orang kaya baru, dan tumbuhnya jumlah manusia produktif di Indonesia menjadi faktor penambah dalam hal penyempitan lahan. Contoh nyatanya adalah ketika seseorang menjadi dewasa dan tidak lagi tinggal bersama dengan orang tuanya, sebuah kampus didirikan di wilayah yang mempunyai lahan pertanian terutama tanaman pangan, dan produk – produk lokal mempunyai nilai ekspor, semakin dihargai di luar negeri. Timbulnya alih fungsi lahan dan budaya buruh akan mengakar di masyarakat setempat dan akan berlangsung beberapa puluh tahun di masyarakat tersebut. Menjadi pembantu memang agak terkesan rendah apalagi di tanah sendiri menjadi buruh. Orang kota dengan penghasilan lebih mengirim uang untuk membeli lahan warga, mendirikan kos dengan sangat PDnya, dengan pekerjanya adalah warga setempat, sementara mereka tidak memberikan SOP yang jelas, jaminan kesehatan yang manusiawi, dan gaji pokok yang menjulang.
    Solusi dan resiko: revitalisasi lahan oleh pihak pemerintah atau pengusaha yang baik hatinya, mulai membuat master plan yang jelas untuk setiap pembangunan, mengerahkan mahasiwa pertanian dengan 16 kerja lapangan setiap minggunya. Dengan resiko jangka pendek adalah ketegangan dengan pihak pemerintah, pengusaha, dan mahasiswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s